Buah untuk Diet yang Lezat dan Menyegarkan

Buah untuk diet sudah merupakan salah satu menu diet yang sangat penting jika Anda ingin menurunkan berat badan. Buah sendiri merupakan makanan favorit. Pasalnya, buah memiliki rasa yang manis, asam dan segar. Tak sedikit buah yang dapat Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan dan memiliki tubuh ideal. Bagaimana pun, Anda yang ingin memiliki tubuh ideal dapat bergantung pada konsumsi buah sehari-hari.

buah untuk diet

Buah mengandung banyak zat penting yang tak hanya dapat membuat tubuh menjadi ramping dan sehat, namun juga dapat membantu memperlancar metabolisme dan menjaga kadar cairan dalam tubuh. Nah, bagi Anda yang penasaran dengan ragam buah yang bisa dikonsumsi sehari-hari untuk memperoleh tubuh cantik, ini dia beberapa buah yang dapat dikonsumsi mulai hari ini.

Menu Diet Buah Sehat dan Penuh Serat

Salah satu faktor yang membuat buah menjadi favorit bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan adalah kandungan seratnya yang tinggi. Ya, serat dapat mengikat lemak sehingga kadar lemak dalam tubuh Anda dapat berkurang, sehingga tubuh Anda ideal dan sehat.

Selain dapat mengikat lemak, serat juga sangat baik bagi Anda yang ingin memiliki sistem pencernaan yang lancar. Jadi, Anda bisa memperoleh lebih dari satu manfaat ketika mengkonsumsi buah-buahan. Lalu, buah untuk diet apa saja yang berguna untuk menurunkan berat badan?

  1. Pisang

Walaupun identik dengan buah yang khusus diberikan bagi anak-anak dan bayi, namun pisang juga sangat baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Buah pisang sendiri mengandung 105 kkal, setara dengan 5% AKG dalam satu buahnya.

Buah pisang yang dibahas di sini adalah buah pisang ambon. Selain rendah kalori namun mengenyangkan, buah pisang pun kaya akan potassium. Pisang pun mengandung vitamin B6. Vitamin B6 ini sangat baik untuk membantu tubuh Anda kebal terhadap penyakit serta menurunkan resiko serangan jantung.

  1. Pir

Buah pir sering dipandang sebelah mata karena sering disandingkan dengan buah apel. Namun, penggemar buah pir sendiri ternyata sangat banyak, lho. Mayoritas penggemar buah pir jatuh cinta pada tekstur buah pir yang berserat dan kandungan airnya yang banyak.

Kandungan serat dan airnya yang tinggi inilah yang membantu Anda menurunkan berat badan lebih cepat sebagai buah untuk diet. Pasalnya, Anda akan merasa kenyang lebih lama setelah mengonsumsi buah pir. Buah pir mengandung 58 kkal yang setara dengan 3% AKG. Jumlah kalori yang rendah dan kandungan serat yang tinggi membuat pir digemari oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

  1. Apel

Apel sering disebut sebagai holy grail oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Bagaimana tidak, buah yang tinggi serat dan potassium ini tak hanya baik bagi tubuh untuk memberikan Anda tubuh yang ideal, namun juga dapat membantu Anda kenyang lebih lama.

Rasanya pun manis tak terlalu asam seperti pir. Apel sangat baik jika Anda konsumsi di pagi hari sebagai dasar. Jadi, biasakan diri Anda untuk mengonsumsi apel setiap pagi ketika perut Anda masih kosong, ya! Buah apel mengandung 56 kkal yang setara dengan 2.6% AKG.

  1. Strawberry

Buah yang satu ini pasti menjadi favorit semua orang. Buah strawberry memang menarik, terutama dari bentuk dan rasanya. Dari bentuknya, Anda akan tertarik dengan bentuknya yang menyerupai hati. Selain itu, tekstur buah ini pun sangat lembut dan memiliki kandungan air yang cukup banyak.

Buah untuk diet yang satu ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang juga ingin mengkonsumsi buah yang kaya akan vitamin C. Rasanya yang agak asam mungkin mengganggu bagi beberapa orang, namun bagi sebagian orang lain rasa asam dari strawberry lah yang justru mereka cari. Buah strawberry sendiri mengandung hanya 32 kkal, yang setara dengan 1.6% AKG.

  1. Blueberry

Masih berupa berry, buah untuk diet yang satu ini juga menjadi favorit banyak orang. Ukuran kecil buah ini bahkan menjadi daya tarik dari buah yang rasanya manis dan asam ini. Tak hanya kaya akan serat, buah ini mengandung anti oksidan yang tinggi.

Olahan blueberry sendiri sangat banyak, mulai dari dijadikan jus, disajikan segar, menjadi topping kue atau pudding, bahkan dijadikan buah yang bersanding dengan lezatnya oatmeal untuk sarapan di pagi hari. Dengan kandungan 57 kkal atau 2.85 AKG, buah ini dijamin bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda.

  1. Kiwi

Buah untuk diet yang satu ini sangat cocok jika Anda suka membuat salad buah. Rasanya yang asam dan manis membuat banyak orang jatuh cinta. Potongan kiwi pun bisa dikonsumsi bersama yoghurt, menjadikannya buah yang identik dengan kesan sehat.

Asyiknya, ternyata buah lezat ini mengandung serat yang sangat tinggi. Justru serat yang tinggi tersebut dapat ditemukan di biji-bijinya yang berwarna hitam. Kandungan 61 kkal yang setara dengan 3.05% AKG sendiri juga sangat membantu bagi Anda yang ingin menyingkirkan kelebihan berat badan Anda.

  1. Pepaya

Murah, mudah ditemukan di pasar tradisional maupun supermarket, buah yang satu ini memang cocok memegang predikat sebagai buah untuk diet. Banyak ahli gizi yang merekomendasikan konsumsi buah pepaya untuk menurunkan berat badan. Teksturnya lembut, rasanya manis.

Pepaya juga menjadi salah satu buah ajaib yang dapat membantu Anda memperlancar buang air besar. Kandungan 39 kkal yang setara dengan 1.95% menjadi alasan utama kenapa Anda harus mengkonsumsi buah yang manis, segar dan lembut ini.

  1. Tomat

Tomat menjadi satu pilihan buah untuk diet bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Tak hanya membantu menurunkan berat badan, buah ini juga dapat dijadikan jus atau dimakan langsung dan Anda dapat mengambil manfaat dari vitamin C yang dikandungnya. Rasanya asam namun sangat segar.

Tomat memang memiliki segudang manfaat. Tak hanya dikonsumsi, buah tomat sering digunakan untuk perawatan tubuh, wajah dan rambut sebagai masker. Dengan kandungan kalori sebanyak 22 kkal atau 1% AKG, dijamin Anda dapat memperoleh manfaat terbaik dari buah yang satu ini.

Buah untuk diet

Selanjutnya, yang harus Anda ketahui adalah bahwa buah-buahan lebih baik dikonsumsi dalam keadaan segar. Cukup kupas dan potong-potong buah. Anda bisa memakannya langsung atau mengkombinasikannya dengan yoghurt atau oatmeal. Walaupun banyak orang yang mengira bahwa membuat jus buah memberikan manfaat yang banyak bagi tubuh, namun ternyata jus buah mengandung gula yang lebih banyak walaupun Anda tidak menambahkan gula ke dalamnya.

Anda bisa memilih banyak sekali jenis buah untuk diet. Jika Anda ingin membuat konsumsi buah Anda menjadi lebih menyenangkan, Anda bisa dengan mudah membuat salad buah. Cukup campurkan buah-buahan yang Anda suka, beri madu dan air jeruk nipis. Dengan begitu, Anda bisa memperoleh manfaat maksimal dari buah untuk diet.

Buah untuk Diet yang Lezat dan Menyegarkan | naumi | 4.5