Manfaat Madu untuk Ibu Hamil

Manfaat madu untuk ibu hamil cukup banyak. Sebab sumber makanan kaya nutrisi ini memang sangat baik bagi tubuh. Terlebih bagi wanita yang sedang hamil yang sering mengalami banyak gangguan kesehatan.

Ibu hamil memang kerap mengalami berbagai keluhan seputar kesehatannya.Hal ini terjadi akibat perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh. Keluhan seperti mual, morning sickness, menurunnya daya tahan tubuh, keputihan, tekanan darah tinggi dan bahkan anemia kerap menghantui wanita hamil. Namun menurut penelitian yang telah dilakukan para ahli, beberapa keluhan kehamilan tersebut cukup efektif diatasi dengan konsumsi madu secara rutin.

Khasiat madu bagi wanita hamil

Atasi mual dan muntah pada awal kehamilan

manfaat madu untuk ibu hamilBiasanya gejala ini sangat sering terjadi pada awal kehamilan, terlebih bagi mereka yang baru pertama kali hamil. Biasanya, rasa mual dan ingin muntah ini terjadi pada pagi hari, oleh karena itu disebut dengan istilah morning sickness. Akan tetapi, pada beberapa kasus, rasa mual dan ingin muntah ini bisa terjadi sepanjang hari. Sebenarnya, mual dan muntah pada awal kehamilan ini terjadi arena tingkat keasaman cairan di dalam lambung terlalu rendah. Untuk bisa mengatasi masalah ini, disarankan wanita hamil konsumsi madu saat bangun tidur secara rutin.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Akibat rasa mual dan ingin muntah, Ibu hamil menjadi tidak nafsu makan. Pada kondisi ini kekebalan tubuh ibu hamil bisa menurun sehingga gampang sakit. Tentu kondisi ini sangat mengganggu bagi perkembangan janin di dalam kandungan. Manfaat madu untuk ibu hamil membantu tingkatkan kekebalan tubuh wanita hamil jika dikonsumsi secara rutin. Madu mengandung vitamin C, flavonoid, dan antioksidan yang tinggi sehingga dapat meningkatkan imunitas tubuh.

Mencegah keputihan

Wanita yang sedang hamil sudah umum mengalami masalah keputihan. Terlebih pada kehamilan muda, ini disebabkan karena perubahan hormonal yang terjadi sangat cepatdi dalam tubuh pada masa kehamilan. Madu yang kaya akan kandungan nutrisi ini ternyata dapat mengatasi masalah keputihan yang terjadi pada wanita hamil. Dengan mengonsumsi madu secara rutin, sistem reproduksi wanita akan jadi lebih bersih sehingga terhindar dari masalah keputihan.

Melancarkan sirkulasi darah

Wanita hamil bisa saja mengalami masalah tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah. Gejala ini bisa menjadi masalah serius karena berpengaruh terhadap asupan nutrisi pada janin. Bahkan, sirkulasi darah yang terganggu ini bisa memicu kelahiran prematur atau keguguran.

Menjaga kesehatan kulit

Madu juga memiliki kandungan vitamin E yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Jadi, madu bisa bermanfaat untuk mencegah terjadinya stretch mark pada masa kehamilan. Tentu madu lebih aman daripada harus menggunakan obat-obatan yang ada di pasaran.

Itulah beberapa manfaat madu untuk ibu hamil. Selalu sediakan madu pada masa kehamilan karena akan sangat bermanfaat bagi Anda.

Untuk artikel lain bisa bunda baca juga arti mimpi hamil

Manfaat Madu untuk Ibu Hamil | Naaura Ayumi | 4.5