Pengaruh Musik Klasik untuk Ibu Hamil dan Bayinya

Manfaat musik klasik untuk ibu hamil memang sudah terbukti sangat baik. Ini karena musik klasik yang didengarkan oleh ibu hamil bisa memberinya ketenangan. Selain bermanfaat untuk sang Ibu, musik klasik juga bermanfaat untuk perkembangan janin di dalam kandungan.

Ketika memasuki trimester kedua kehamilan, bayi di dalam kandungan perkembangannya sangat pesat mulai dari ukuran, dan kemampuannya. Salah satu hal yang paling menonjol adalah kemampuannya untuk mendengar dan menanggapi suara dari luar. Ini merupakan satu-satunya cara yang bisa dilakukan untuk berkomunikasi antara sang bayi dan ibunya dan dunia luar. Ketika mendengarkan sesuatu, bayi yang masih berada di dalam kandungan juga memberikan reaksi. Pada saat tersebut, ketika bayi bereaksi atas sesuatu yang didengarkan juga bisa dirasakan oleh sang ibu melalui gerakannya di dalam perut.

Karena perkembangan bayi yang sangat luar biasa ini dan mampu mendengarkan suara dari luar, maka tak ada salahnya jika sang ibu memperdengarkan musik. Musik klasik bisa menjadi pilihan karena memiliki beberapa manfaat.musik klasik untuk ibu hamil

Lagu klasik untuk janin dalam kandungan

Masalah kecerdasan otak merupakan persoalan yang kompleks. Oleh karena itu, hingga saat ini belum ada bukti yang bisa mengungkap bahwa memperdengarkan musik klasik pada bayi yang berada dalam kandungan bisa bermanfaat untuk kecerdasannya di masa mendatang. Namun beberapa fakta mengungkap jika bayi yang semasa di dalam kandungan sering diperdengarkan lagu klasik cenderung memiliki pribadi yang lebih tenang. Jadi sang anak akan menjadi lebih mudah tidur nyenyak nantinya ketika sudah lahir. Sedangkan kualitas tidur anak semasa bayi ini sangat erat hubungannya dengan tingkat kecerdasan otak. Ini karena sel syaraf bayi akan mengalami pertumbuhan yang optimal ketika tidur. Jadi jika kualitas tidur bayi baik, perkembangan syaraf otaknya juga akan semakin baik.

Dampak jangka pendek

Tak ada salahnya jika Anda memperdengarkan musik klasik ketika hamil. Bahkan musik klasik untuk ibu hamil juga sangat bermanfaat bagi Anda sendiri. Ada beberapa jenis musik klasik yang bermanfaat untuk perkembangan bayi yang berada dalam kandungan. Lagu-lagu klasik ini juga masih menjadi perdebatan. Banyak anggapan bahwa jenis musik klasik ini sangat baik diperdengarkan pada masa kehamilan karena memiliki tempo yang teratur dan struktur nada yang tenang. Peneliti menganggap, jika janin diperdengarkan musik klasik akan memberi sebuah penggambaran tersendiri pada otak.

Bayi yang mendengarkan musik klasik bisa membuat gambaran bahwa dunia memiliki garis-garis yang saling terhubung. Terlepas dari apapun alasan logis tentang manfaat musik klasik untuk kehamilan, ada hal sederhana yang bisa Anda lakukan. Meskipun Anda tak terlalu menyukai musik klasik, namun memperdengarkannya pada bayi Anda semasa di dalam kandungan akan memberikan dampak positif bagi perkembangannya ke depan.

Pengaruh Musik Klasik untuk Ibu Hamil dan Bayinya | Naaura Ayumi | 4.5