Tips Ampuh Merawat Bayi yang Demam

Merawat bayi yang demam – Salah satu hal yang sangat ditakuti oleh orang tua adalah ketika anaknya terserang demam. Wajar, demam adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya jika terjadi pada anak kecil. Oleh karenanya, sebagai orang tua Anda juga harus mengetahui beberapa cara yang dapat dilakukan saat merawat bayi yang demam. Merawat bayi yang demam adalah hal yang sangat penting sehingga anak yang sakit dapat Anda tangani kondisinya dengan benar.

Cara Merawat Bayi Panas Tinggi

Merawat bayi yang mengalami demam tinggi merupakan hal yang harus dilakukan dengan hati-hati karena anak Anda tengah mengalami penyakit yang lumayan serius bagi anak-anak. Nah, berikut adalah cara paling ampuh yang dapat Anda lakukan untuk merawat anak yang tengah panas tinggi.

  1. Hal pertama yang wajib Anda lakukan adalah mengenali gejala demam pada anak. Paling mudah, gunakan termometer guna mengetahui suhu badan anak Anda. Pastikan Anda mengecek suhu tubuh anak secara berkala untuk memastikan kondisinya. Ketika panas anak sudah mencapai 39 derajat Celsius, saat itulah Anda harus melibatkan dokter.
  2. Penanganan anak sebelum suhu tubuhnya mencapai 39 serajat Celsius adalah dengan mengompres anak. Walaupun hal ini terkesan sepele, kompresan pada anak terbukti ampuh menurunkan panas demamnya. Jika anak Anda demam disertai diare, pastikan Anda memberikan ASI yang mencukupi. Jika diare terus berlanjut, berikan oralit untuk menghindari anak kekurangan cairan.
  3. Demam yang terus menerus juga harus diwaspadai. Jika dalam waktu satu jam anak belum juga menunjukkan tanda-tanda penurunan suhu tubuh, jangan ragu untuk memberikan parasetamol bagi anak. Hindari penggunaan obat dengan bahan ibuprofen karena dapat mengakibatkan masalah di pencernaannya.
  4. Hal yang juga harus Anda ketahui saat anak Anda demam adalah ada tidaknya bintik merah di kulit anak Anda. Biasanya, jika bayi memiliki riwayat penyakit yang cukup parah akan timbul bercak merah di kulitnya. Telapak tangan dan kaki bayi juga biasanya turut terasa dingin. Hindari resiko bayi terkena step atau kejang dengan membawanya ke dokter.
  5. Pakaian yang diberikan ke bayi Anda pun harus nyaman dan tentunya sejuk. Pastikan pakaian longgar dan tidak ketat karena justru akan mengurung panas dan tidak menyerap keringat bayi. Selimut tebal pun tak berfungsi menurunkan panas tubuhnya. Apabila anak terasa dingin, selimut yang digunakan sebaiknya adalah selimut yang tipis.
  6. Jangan pernah memberikan antibiotik tanpa diagnosa dan resep dari dokter. Dokter yang bijak akan memberikan antibiotik hanya saat anak Anda didiagnosa terkena penyakit yang diakibatkan oleh adanya infeksi bakteri seperti tifus.
  7. Beri cairan yang banyak bagi bayi. ASI dan susu formula dapat Anda berikan untuk membantu panas tubuhnya turun. Beberapa cara merawat anak yang panas tinggi ini terbukti ampuh selama demam yang diderita tidak terlalu parah.
Tips Ampuh Merawat Bayi yang Demam | Naaura Ayumi | 4.5