Vitamin Untuk Bayi Agar Pertumbuhan Optimal

Vitamin untuk bayi adalah bagian penting dalam mendapatkan perkembangan sang anak yang baik dan normal. Kebutuhan vitamin dan nutrisi sang buah hati akan selalu tercukupi ketika ASI masih diberikan dan umurnya di bawah 6 bulan. Saran dari dokter ahli anak sendiri para ibu seharusnya memberikan vitamin dan nutrisi tambahan agar kesehatan dan daya tahan tubuhnya terjaga.

Air susu ibu memang lebih baik daripada flouide, juice, vitamin dan mineral, serta zat besi. Riset menunjukan bahwa manfaat kesehatan diberikan ASI melebihi jenis makanan lainnya. Namun, kebutuhan bayi pada usia 6 bulan keatas memerlukkan tambahan vitamin. Selain itu, kadang terdapat bayi yang lahir prematur, sehingga dibutuhkan tambahan nutrisi. Penambahan nutrisi bisa dengan makanan yang bervitamin. Nah, vitamin untuk bayi yang diperlukan agar perkembangan dan pertumbuhan bayi tercukupi adalah sebagai berikut :

Vitamin A
ASI sebagai sumber vitamin A yang paling sempurna, pekembangan mata dan fungsi tubuh lainnya bisa didapatkan dengan optimal ketika vitamin A tercukupi. Selain itu, perkembangan sistem kekebalan tubuh bisa didapatkan dari vitamin A ini. Pemberian vitamin A bisa melalui serum atau larutan dengan kandungan vitamin A atau memberikan bahan makanan seperti telur ayam, sayuran hijau, buah, susu, hati kepada buah hati.

Vitamin B
Vitamin B dan vitamin B kompleks dibutuhkan oleh buah hati, karena bisa memberikan perkembangan bayi yang optimal ketika vitamin B terpenuhi. Selain itu, vitamin B kompleks membatu meningkatkan metabolisme bayi, seperti pengolahan karbohidrat dan protein. Sedangkan manfaat lainnya adalah terpeliharanya sistem nerves, membentuk sel darah merah.

Vitamin C
Vitamin C atau Ascorbic acid berguna dalam penyembuhan luka, menjaga kolagen, menambah daya tahan dalam tubuh, kesehatan gigi dan gusi, menjaga kesehatan pembuluh darah. Buah jeruk, tomat, beri, cabai merah, sayuran brokoli, cabai, melon adalah sumber makanan dengan vitamin C yang tinggi. Perhatikan kadar pemberiannya terhadap si kecil

Vitamin D
Vitamin D harus didapatkan oleh buah hati. Dalam ASI sendiri sudah terdapat kandungan vitamin D, namun perlu diketahui kadang kadarnya tidak bisa mencukupi dari kebutuhan tubuh si kecil.

Vitamin K
Menyintikan vitamin K kepada bayi saat baru lahir bisa mencegah terjadinya pendarahan internal. Vitamin K snediri bisa juga menjaga kerusakan tubuh pada bayi yang mungkin saja akan terjadi.

Vitamin E
Ibu seharusnya memberikan vitamin E kepada buah hati dalam bentuk pil atau larutan. Vitamin E bisa meningkatkan kinerja tubuh dalam menangkal penyakit. Selain itu, vitamin E bisa membuat kulit bayi lebih sehat dan mencegah terjadinya masalah kulit.

Vitamin untuk bayi di atas harus dipenuhi, dimana kadarnya atau jumlahnya sesuai dengan usia sang buah hati.

Bunda juga bisa membaca mengenai “Berbagai Cara Perawatan Kulit Bayi”

Haibunda Pencarian:

  • vitamin pertumbuhan bayi
  • vitamin untuk pertumbuhan bayi
  • agar perkembangan bayi baik
  • agar perkembangan bayi optimal
  • jenis makanan yang baik untuk bayi agar pertumbuhannya semourna
  • multivitamin untuk pertumbuhan bayi
  • vit buat pertumbuhan bayi
  • vitamin perkembangan bayi
  • vitamin untuk tumbuh kembang bayi
Vitamin Untuk Bayi Agar Pertumbuhan Optimal | Naaura Ayumi | 4.5