advertorial

Wanita Mandiri AHS Contoh Inspirasi Duta Kebaikan Indonesia

Advertorial Jumat, 17 May 2019 00:00 WIB
Wanita Mandiri AHS Contoh Inspirasi Duta Kebaikan Indonesia
Jakarta -

Perempuan dapat menjadi contoh inspiratif dalam membagikan berbagai kebaikan, seperti yang telah dilakukan oleh R.A Kartini dalam memperjuangkan emansipasi yang juga menjadi simbol pergerakan dan menginspirasi wanita lain di Indonesia agar lebih terberdayakan. Hal ini sejalan dengan roadshow edukasi Duta Kebaikan yang juga bertepatan dengan Hari Kartini (21 April).  Roadshow yang diikuti oleh 61 Ibu AQUA Home Service (AHS) inspiratif dari berbagai daerah di Indonesia ini bertujuan untuk membekali perempuan, khususnya ibu-ibu rumah tangga dalam mengembangkan kemampuan bisnis sekaligus mampu berkontribusi untuk kesehatan keluarga, alam, dan masyarakat sekitar.

Ibu AQUA Home Service (AHS) diharapkan dapat menjadi semangat emansipasi wanita dalam wujud kemandirian dan menjadi sosok inspiratif dalam membagikan kebaikan kepada masyarakat, karena ibu rumah tangga memegang peranan penting dalam suatu keluarga.

"AHS merupakan program yang sudah lama dilakukan oleh Danone-AQUA. Kami menyasar ibu rumah tangga karena kami percaya ibu punya peranan penting bila bisa diberdayakan, sehingga dengan edukasi melalui produk, dan pengenalan mengenai lingkungan, mereka diharapkan bisa menjadi inspirasi untuk lingkungan sekitar dan kedepannya dapat menjadi akses agar hidrasi kita bisa lebih mudah sampai ke konsumen dan keluarga indonesia," kata Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto.

Di tahun ini, Danone-AQUA membuat perbedaan dengan memberikan pembekalan kepada AHS di Indonesia melalui edukasi Duta Kebaikan, meliputi kebaikan AQUA untuk keluarga Indonesia, kebaikan untuk alam melalui penjaga mata air, dan kebaikan untuk AHS. Informasi dan edukasi baru yang dilaksanakan dalam acara 'Talkshow Mompreneur, Dari Rumah Menjadi Ibu Pengusaha Mandiri', Selasa (23/4) adalah nilai tambah untuk menjadikan Ibu AHS sebagai Duta Kebaikan bagi keluarga dan masyarakat sekitar.

Wanita Mandiri AHS Contoh Inspirasi Duta Kebaikan IndonesiaPemaparan dari Setiap Duta Kebaikan (Foto: dok. Detikcom)

AHS yang diluncurkan sejak tahun 2008 juga sebagai bentuk komitmen Danone-AQUA untuk memberdayakan perempuan dengan cara menjadi model distributor mikro yang dapat membantu AQUA dalam menyebarkan kebaikan alam, dalam bentuk produk AQUA, sedekat mungkin dengan konsumen atau masyarakat sekitar.

Kebaikan pertama dilakukan dengan kegiatan edukasi mengenai hidrasi sehat, serta edukasi tentang pemilihan air minum berkualitas yaitu AQUA yang berasal dari mata air pegunungan terpilih dan terpercaya selama lebih dari 45 tahun.

Kebaikan kedua yaitu kebaikan untuk alam dengan menjaga kemurnian sumber air serta pengolahan sampah dengan baik. Ibu AHS berkontribusi dengan mengedukasi masyarakat agar lebih bijak dalam menggunakan plastik di rumah dengan inisiasi 3R yaitu Reduce, Reuse, Recycle yang dapat diaplikasikan seperti memilah sampah yang bernilai ekonomis dan dapat didaur ulang. Ada juga beberapa rekomendasi dalam upaya lebih bijak menggunakan plastik seperti memulai penggunaan tas belanja sehingga dapat mengurangi jumlah sampah kantong plastik.

Wanita Mandiri AHS Contoh Inspirasi Duta Kebaikan IndonesiaPemaparan dari Perencana Keuangan, VP Sales Operator PT Tirta Investama, ibu AHS dan Aktris Maudy Koesnaedi (Foto: dok. Detikcom)

"Salah satu upaya nyata yang telah dilakukan oleh Danone-AQUA dalam mengurangi sampah plastik adalah dengan mengembangkan inovasi kemasan menggunakan teknologi mutakhir. Bulan Februari lalu, di Bali, kami meluncurkan AQUA Life, botol yang terbuat dari 100% recycled PET dimana 100% dapat didaur ulang." ungkap Vice President Sales Operator PT Tirta Investama (Danone-AQUA), Eva Lusiana.

Ketiga, kebaikan untuk mitra bisnis atau AHS yaitu adanya penyuluhan kepada Ibu AHS terkait keuntungan dalam menciptakan pendapatan tambahan dan menjadi Ibu yang mandiri. Ibu AHS juga berperan dalam membagikan informasi kepada ibu-ibu lain terkait hidrasi sehat, pentingnya mengelola sampah plastik dan sekaligus dapat menjadi titik pengumpulan sampah plastik untuk di daur ulang.

Selain itu pada acara ini juga diadakan talkshow untuk memberikan informasi tambahan kepada Ibu AHS, yang disampaikan oleh beberapa pembicara inspiratif.

Yang pertama, Ibu Yetty yang telah menjadi Ibu AHS sejak Maret 2009. Setelah mengikuti banyak pelatihan serta sosialisasi yang diadakan oleh AQUA, ia mampu mengedukasi Ibu-ibu dan masyarakat sekitar terkait hidrasi sehat dan kriteria air minum yang baik. Selain itu dengan adanya AHS Ibu Yetty, beberapa masyarakat sekitar lebih mudah dalam memperoleh air minum berkualitas yaitu AQUA.

"Rangkaian acara Duta Kebaikan ini dimaksudkan agar semua yang terlibat dalam bisnis AQUA mengerti kebaikan yang kami implementasikan, seperti kebaikan menjaga sumber air berkualitas, bagaimana kami menjaga jumlah karbon, dan penanggulangan sampah plastik seperti yang sudah kami lakukan aktif di internal perusahaan. Sehingga, tidak hanya pegawai Danone-AQUA saja tetapi semua yang terlibat pun dapat teredukasi untuk menjadi Duta Kebaikan, termasuk AHS ini," tutup Eva.

Aktris Maudy Koesnadi juga turut serta meramaikan talkshow tersebut sekaligus berbagi pengalaman dalam pengaturan waktu untuk keluarga dan karir. Selain itu penulis buku dan perencana keuangan Yosephone P Tyas pada talkshow ini pun memberikan beberapa tips dalam mengatur keuangan kepada Ibu AHS.

(adv/adv)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi