aktivitas

Pengalaman Vicky Shu Ajak Anak 1,5 Bulan Naik Pesawat

Asri Ediyati 11 Sep 2018
Vicky Shu/ Foto: Instagram Vicky Shu/ Foto: Instagram
Jakarta - Mengajak bayi berpergian naik pesawat rasanya pasti was-was. Takut si kecil rewel dan menangis selama di pesawat. Nah, penyanyi Vicky Shu memiliki pengalaman nih saat mengajak putranya yang bernama Abimanyu Manggala Nugroho Putro naik pesawat pertama kali.

Vicky Shu ingin berlibur ke rumah keluarganya yang ada di kota Solo pada liburan long weekend ini. Vicky Shu mengunggah postingannya bersama suaminya, Ade Imam dan Abimanyu saat di Solo.

"Masya Allah senang sekali Alhamdulillah mas Abimanyu Manggala pertama kali terbang dan anteng. Dari dulu hamil memang rock and roll banget nggak pernah rewel apalagi kalau dibawa traveling dan kerja, pembawaannya happy," tulis Vicky Shu.

Vicky Shu juga berterima kasih pada putranya karena tenang selama perjalanan. "Terima kasih Nak sugesti positif selama hamil alhamdulillah benar, anteng, tenang nemenin bune (ibu) ya. Sampai terharu nangis dan merasa bersalah kalau pas ngamuk karena laper nggak langsung disusuin," sambung Vicky Shu.



Vicky Shu bilang Abimanyu memiliki sifat yang sama dengan dirinya, sama-sama galak kalau lagi lapar, he-he-he. Ia bilang Abimanyu juga senang dan anteng saat jalan seperti dirinya, asal nggak sedang lapar saja. Vicky Shu menyebut dirinya seperti macan kelaparan jika sedang lapar. Waduh, seram banget, Bun, hi-hi.

[Gambas:Instagram]


Di Instagram Abimanyu juga ada video dia sedang tertidur di pangkuan ayahnya sambil memakai earmuffs atau penutup telinga. Hal ini agar tekanan udara dalam telinganya stabil.

Soal ngajak bayi naik pesawat, dr Marlyn Cecilia Malonda SpA dari RS Mayapada Tangerang bilang baiknya saat bayi berusia tiga bulan ke atas. Soalnya, saat itu imunitas bayi udah lebih baik. Apalagi, di usia segitu bayi udah dapat minimal imunisasi dasar kayak BCG, DPT, hepatitis B, HIB, polio, dan sebagainya.

Saat di pesawat, hal terpenting yang mesti diperhatikan yaitu perbedaan tekanan di darat dan udara, terutama waktu pesawat lepas landas atau mendarat. Nah, perbedaan tekanan di telinga bayi yang meningkat bisa bikin dia rewel karena rasanya nyeri. Untuk mengakali perbedaan tekanan di darat dan udara, kita bisa susui si kecil.

"Refleks menelan saat menyusu bisa mengurangi perbedaan tekanan di telinga bayi. Tapi, untuk bayi di atas 6 bulan yang udah mulai dapat MPASI bisa kita kasih dia cemilan misalnya biskuit atau finger food. Karena gendang telinga bayi tipis, ketika dibiarkan gitu aja pas take off ada risiko gendang telinga pecah dan ini bisa ganggu fungsi pendengaran bayi," kata dr Marlyn.

Kalau bayi demam dengan suhu lebih dari 39-40 derajat Celcius terus pilek hebat sampai napasnya sesak, menurut dr Marlyn baiknya tunda perjalanan ya, Bunda.

[Gambas:Instagram]




(aci/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi