aktivitas

6 Tips Agar Anak Tidak Mager

Asri Ediyati 12 Okt 2018
6 Tips Agar Anak Tidak Mager/ Foto: Istock 6 Tips Agar Anak Tidak Mager/ Foto: Istock
Jakarta - Ketika teknologi kian berkembang pesat, kerap kita menjumpai anak-anak lengket dengan gadgetnya. Sebagai orang tua cerdas, kita perlu menyiasati agar anak tidak mager alias males gerak. Menurut Mury Kuswari SPd MSi, Ketua Umum Asosiasi Nutrisionis Kebugaran dan Olahraga Indonesia (ANOKI), ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa anak bergerak aktif memberi manfaat bagi kesehatan anak.

"Menurut penelitian yang telah saya baca, jika anak berolahraga secara rutin bisa meningkatkan fungsi kognitif dan menurunkan risiko obesitas. Aktivitas fisik pada anak sekolah dapat meningkatkan kebugaran," kata Mury, di Hotel Fairmont, Senayan, baru-baru ini.


6 Tips Agar Anak Tidak Mager6 Tips Agar Anak Tidak Mager/ Foto: Istock

Kata Mury, olahraga melatih anak nggak hanya sehat dan bugar tapi juga memiliki kepribadian yang baik. Di antaranya, disiplin, gigih, rendah hati, kerja sama, dan sportif. Untuk itu, yuk, upayakan anak tetap aktif dan sehat. Berikut 6 tips agar anak tidak mager dari Mury Kuswari.

1. Olahraga minimal 30 menit per hari.
2. Rutin berolahraga minimal tiga kali seminggu.
3. Selalu sarapan sebelum berolahraga pagi dengan sumber zat gizi lengkap.
4. Penuhi asupan karbohidrat dan protein anak agar selalu berenergi dalam beraktivitas.
5. Biarkan anak memilih olahraga yang disukainya.
6. Jangan batasi olahraga anak di sekolah hanya dengan satu jenis saja agar kemampuan motorik anak semakin baik.


Dengan melakukan enam tips tersebut, harapannya anak bisa tetap aktif dan memiliki tubuh dan jiwa yang sehat, Bun. Jangan lupa dicoba ya.

(aci/nwy)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi