kehamilan

Risiko dan Manfaat Melahirkan Caesar yang Perlu Bunda Tahu

Muhayati Faridatun Jumat, 11 Jan 2019 - 19.42 WIB
Ilustrasi operasi caesar/ Foto: iStock Ilustrasi operasi caesar/ Foto: iStock
Jakarta - Setiap operasi pasti memiliki risiko masing-masing, Bun. Begitu juga dengan melahirkan secara caesar yang harus melewati proses operasi.

Seperti dilansir Baby Center, melahirkan caesar termasuk operasi besar di daerah perut dan panggul Bunda. Komplikasi jarang terjadi pada operasi caesar pertama, terlebih jika sudah direncanakan dan kondisi Bunda sehat juga bugar.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin menawarkan Bunda pilihan antara diinduksi atau menjalani operasi caesar. Kalau dibantu induksi bisa menyebabkan lebih banyak intervensi, seperti persalinan dengan bantuan vakum atau forceps, yang memiliki risiko juga.

Jadi, Bunda dan dokter perlu mempertimbangkan risiko-risiko tersebut dan dibandingkan dengan risiko operasi caesar. Kadang, melahirkan caesar diperlukan untuk menyelamatkan kehidupan Bunda dan si calon bayi. Kalau sudah diinduksi tidak ada kemajuan, operasi caesar kemungkinan menjadi pilihan.

Nah, untuk memutuskan apa yang terbaik bagi Bunda dan si calon bayi, baiknya mengetahui fakta-fakta berikut yang bisa membantu mempersiapkan diri lebih matang.

Simak di halaman selanjutnya ya, Bunda.

(muf/rap)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi