kesehatan

ASI Ekslusif Penting untuk Perkembangan Otak Bayi Prematur

SIti Hafadzoh Senin, 15 Okt 2018 - 16.00 WIB
Ilustrasi asi eksklusif untuk bayi prematur/ Foto: thinkstock Ilustrasi asi eksklusif untuk bayi prematur/ Foto: thinkstock
Jakarta - ASI merupakan nutrisi terbaik bagi bayi. Nggak cuma untuk bayi yang lahir cukup bulan, ASI juga penting banget untuk untuk perkembangan otak si kecil yang lahir prematur lho, Bun.

Kelahiran prematur sering dikaitkan dengan kemungkinan masalah dan kemampuan berpikir di kemudian hari. Masalah ini diduga terkait dengan perubahan perkembangan otak bayi prematur. Tapi ternyata, perkembangan otak bayi prematur dapat meningkat karena konsumsi ASI.

Para peneliti di University of Edinburgh melakukan scan otak MRI pada 47 bayi yang lahir di usia kehamilan 33 minggu atau rata-rata 40 minggu. Penelitian ini mengumpulkan informasi tentang susu yang dikonsumsi oleh bayi-bayi tersebut, apakah mereka mengonsumsi ASI atau susu formula.



"Temuan kami menunjukkan perkembangan otak pada minggu-minggu setelah kelahiran prematur meningkat pada bayi yang menerima ASI dalam jumlah yang lebih besar," jelas Prof James Boardman, Direktur Laboratorium Penelitian Jennifer Brown di Universitas Edinburgh dilansir Science Daily.

Ilustrasi bayi prematurIlustrasi bayi prematur/ Foto: thinkstock
Bayi prematur yang mengonsumsi ASI secara eksklusif selama dirawat intensif di rumah sakit menunjukkan peningkatan konektivitas otak dibanding bayi prematur yang nggak mendapat ASI secara eksklusif.

Makin sering bayi disusui, makin bagus perkembangan otaknya, Bun. Selain mendukung perkembangan otak, ASI menjadi asupan nutrisi utama pada bayi prematur karena tubuh mereka pada dasarnya belum siap menerima makanan lain. Dengan kata lain ASI adalah nutrisi yang paling tepat dan aman bagi bayi prematur.

"ASI yang terbaik untuk bayi prematur, jadi memang harus diberikan. Termasuk ketika bayi lahir prematur dengan berat di bawah 1.000 gram," jelas dr Rinawati Rohsiswatmo, SpA dari RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta seperti dikutip dari detikcom.

dr Rina mengatakan, ASI masih tetap bisa diberi oleh Bunda yang melahirkan bayi prematur kok. Kuncinya adalah tekad untuk memberi ASI eksklusif untuk si kecil anak. Jadi, tetap semangat ya Bunda!

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi