kesehatan

Cara Titi Kamal Ajak Anak Terapkan Perilaku Hidup Bersih & Sehat

Asri Ediyati Senin, 15 Okt 2018 - 17.33 WIB
Cara Titi Kamal Ajak Anak Terapkan Perilaku Hidup Bersih & Sehat/ Foto: Asri Ediyati Cara Titi Kamal Ajak Anak Terapkan Perilaku Hidup Bersih & Sehat/ Foto: Asri Ediyati
Jakarta - Tiap ibu pasti ingin anaknya sehat dan bebas dari kuman. Seperti aktris Titi Kamal nih Bun, yang selalu mengupayakan anaknya untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di rumah. Namanya anak-anak butuh pendekatan dan contoh untuk melakukan hal yang sehat misalnya cuci tangan pakai sabun. Titi punya cara seru untuk anak pertamanya Arjuna Zayan Sugiono atau kerap disapa Juna. Seperti apa ya?

"Juna lagi aktif-aktifnya sekarang, sebagai ibu kan ingin anak selalu sehat. Sementara kegiatan Juna itu banyak dia suka basket, taekwondo, dan ice skating. Aku pun berusaha untuk memberikan nutrisi sehat dan tepat. Untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, aku kasih tahu dengan cara yang fun, pakai buku cerita," ujar Titi Kamal dalam Konferensi Pers Lifebuoy Global Handwashing Day 2018, di SD Negeri 05 Rawa Barat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (15/10/2018).

Titi bilang, Juna senang dengan karakter di buku ceritanya. Saat diceritakan ada diskusi mengenai cara cuci tangan yang baik dan benar.

Cara Titi Kamal Ajak Anak Terapkan Perilaku Hidup Bersih & SehatCara Titi Kamal Ajak Anak Terapkan Perilaku Hidup Bersih & Sehat/ Foto: Asri Ediyati




"Selain buku cerita, aku memberikan video yang ada lagunya. Biasanya anak-anak kan suka jika ada contohnya langsung lewat video apalagi ada lagunya. Aku juga mengupayakan sebisa mungkin menjadi contoh bagi Juna, kalau Kai kan masih kecil. Aku sendiri membiasakan Juna untuk selalu cuci tangan di rumah, di restoran," sambung Titi.

Titi dan suami, Christian Sugiono juga membiasakan diri untuk mencuci tangan sebelum makan. Karena masih menyusui Kai (anak kedua), Titi juga menjaga kebersihan tubuhnya.

"Membiasakan hal kecil dan simpel seperti cuci tangan akan memiliki dampak besar. Bagi orang tua, buat kegiatan tersebut menjadi sesuatu yang menyenangkan," kata Titi Kamal.

Di kesempatan yang sama, Christian Sugiono menambahkan perilaku hidup bersih dan sehat itu harus dilakukan dengan konsisten dan didukung banyak pihak. Lebih baik dimulai dari lingkup yang paling kecil yakni keluarga.

Cuci tangan pakai sabun atau disingkat CTPS memang salah satu program PHBS dari Kementerian Kesehatan. Menurut drg Wara Pertiwi MA, Kasubdit Kesehatan Usia Sekolah dan Remaja Direktorat Kesehatan Keluarga Kemenkes, dengan cuci tangan pakai sabun, maka kita mampu secara efektif memutus rantai penyebaran infeksi yang disebabkan oleh kuman.

"Bahkan cuci tangan pakai sabun mampu menekan angka kematian yang disebabkan oleh bakteri secara signifikan. Perilaku-perilaku positif dengan pembiasaan hidup sehat perlu diterapkan di rumah dan di sekolah. Hal ini karena anak-anak akan menjadi agen perubahan. Masyarakat Indonesia akan menjadi masyarakat yang sehat," tutup drg Wara Pertiwi.

(aci/nwy)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi