menyusui

Kenali 6 Penyebab Bayi Tidak Mau Menyusu

Siti Hafadzoh Selasa, 03 Dec 2019 08:20 WIB
Kenali 6 Penyebab Bayi Tidak Mau Menyusu
Jakarta - Bayi tidak mau menyusu menjadi salah satu masalah yang sering bikin Bunda khawatir. Kebingungan mengapa bayi tidak mau menyusu pun jadi mengahntui ya, Bun.

"Banyak faktor yang dapat memicu bayi tidak mau menyusu. Biasanya bayi mencoba memberi tahu Anda bahwa ada sesuatu yang tidak beres," tulis dokter anak, Jay L. Hoecker, M.D.


Dilansir Parents, ketika bayi tidak mau menyusu, coba lagi untuk tetap berusaha membuatnya menyusu setiap jam. Cobalah menyusui di tempat yang lebih tenang.


Namun, sebelumnya Bunda perlu mengetahui penyebab bayi tidak mau menyusu. Mengutip Mayo Clinic, berikut 6 penyebab bayi tidak mau menyusu.

1. Nyeri atau tidak nyaman

Tumbuh gigi, sariawan, atau pilek dapat menyebabkan sakit di mulut ketika menyusu. Bayi yang terkena infeksi telinga juga akan merasa sakit ketika mengisap.

2. Sakit

Hidung pilek dapat menyebabkan bayi sulit bernapas ketika menyusu.

Kenali 6 Penyebab Bayi Tidak Mau MenyusuIlustrasi menyusui/ Foto: iStock
3. Stres

Stimulasi berlebihan, menunda menyusui, atau berpisah dengan bayi terlalu lama dapat menyebabkan bayi rewel dan sulit menyusu.

4. Aroma yang berbeda

Kalau Bunda mengganti parfum, lotion, atau deodoran, mungkin bayi akan terganggu ketika menyusu karena ada perubahan bau. Mereka kehilangan minat menyusu.

5. Perubahan rasa ASI

Perubahan rasa ASI ini bisa dipicu berbagai faktor, seperti makanan yang ibu makan. Menstruasi dan hamil juga bisa mengubah rasa ASI, Bun.

6. Pasokan ASI berkurang

Mengganti dengan susu formula atau terlalu sering menggunakan dot berdampak pada berkurangnya produksi ASI.

Simak cerita pengalaman Eriska Rein ketika menyusui di video berikut ini yuk, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi