menyusui

Tips Menjaga Berat Badan Tetap Stabil Saat Menyusui

dr Jolinda Johary Rabu, 26 Des 2018 - 11.02 WIB
Ilustrrasi menyusui/ Foto: go dok Ilustrrasi menyusui/ Foto: go dok
Jakarta - Fase menyusui merupakan sebuah babak yang mengharuskan Bunda lebih memperhatikan asupan. Terutama nutrisi yang Bunda asup selama menyusui. Dengan demikian, asupan ASI untuk si kecil tetap mencukupi.

Namun, tentu nggak sedikit Bunda yang merasa terlalu gemuk setelah melahirkan dan ingin segera menurunkan berat badan. Tapi nggak sembarangan lho, Bun. Soalnya saat menyusui, Bunda tidak disarankan diet.

Saat menyusui, tubuh Bunda bekerja lebih keras dalam memproduksi ASI dan memerlukan kalori yang lebih banyak dari biasanya (500 kalori lebih banyak). Sebab itu, sangat penting bagi Bunda untuk makan dengan sehat dan seimbang selama menyusui.


Selain itu, ASI merupakan asupan yang sangat penting pada 6 bulan pertama kehidupan bayi karena kadar nutrisi, vitamin, dan protein tinggi yang terkandung di dalamnya. Untuk menjaga kualitas ini, Bunda perlu asupan nutrisi yang tak kalah banyak. Intinya, Bunda harus tetap sehat, mengasup makanan dalam jumlah cukup dan dengan nutrisi seimbang.
ilustrasi menyusuiilustrasi menyusui/ Foto: iStock
Dengan begini, Bunda nggak kehabisan energi dan menurunkan kualitas ASI. Karena itu, diet saat menyusui tidak disarankan oleh kebanyakan praktisi medis. Meskipun Bunda ingin segera menurunkan berat badan, tetap bersabar dan utamakan kebutuhan si kecil ya, Bun.


Apalagi, 3 bulan pertama menyusui adalah hal yang lumrah bagi Bunda nggak mengalami penurunan berat badan. Untuk menjaga berat badan stabil saat menyusui, ada empat hal yang bisa dilakukan yaitu:

1. Konsumsi makanan sehat dan seimbang
2. Jangan sampai dehidrasi
3. Banyak bergerak
4. Jangan kurang tidur

*dr Jolinda Johary saat ini bergabung dengan go dok (rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi