MOM'S LIFE

Kata Agni Pratistha Agar Anak Tidak Konsumtif

Yuni Ayu Amida 11 Okt 2018
Agni Pratistha (Foto: Yuni Ayu Amida) Agni Pratistha (Foto: Yuni Ayu Amida)
Jakarta - Orang tua pasti ingin menghindari anaknya dari perilaku konsumtif. Seperti yang dilakukan Agni Pratistha, Putri Indonesia 2006 ini pun mengaku sudah membiasakan anaknya untuk tidak berlaku konsumtif.

"Aku besar di keluarga dua-duanya, mama papa dosen managemen keuangan, jadi segala sesuatu itu di budgeting," ucap Agni Pratista di sela-sela diskusi bertajuk 'Online Female Domination and How To Capture This Growing Demographic' di Hotel Ayana Midplaza, Jakarta Pusat, Kamis (11/10/2019).



Agni mengaku bahwa anaknya sudah terbiasa melihat perilaku budgetingnya. Hal itulah yang membuat kedua anaknya akhirnya memiliki self control dalam urusan belanja. Bahkan ketika ditawarkan untuk membeli mainan pun, anak-anaknya sudah bisa mengontrol, apa mainan itu wajib dibeli atau tidak.

Selain budgeting, Agni juga mengajarkan anaknya menabung. "Menurutku itu berpengaruh banget sih, ngeliat aku budgeting, dan aku juga ngajarin mereka nabung," lanjut Agni.

Dikutip detikcom, menurut Prita Gozie seorang Financial Planning kalau ingin mengubah perilaku anak atau mendidik anak untuk tidak konsumtif, kita harus mulai dari diri sendiri. Karena bagaimana juga anak melihat perilaku orang tuanya.



Lebih lanjut, Prita memaparkan bahwa ada cara agar anak tidak berperilaku konsumtif. Di antaranya seperti, mengontrol uang, bijak dalam berbelanja, ajak berkomunikasi mengenai uang, serta ajarkan menabung di bank.

Nah Bun, ternyata perilaku konsumtif anak tak jarang terpapar dari orang tua. Itu artinya penting untuk orang tua mencontohkan perilaku yang baik untuk anak ya. Karena orang tua adalah cermin si buah hati. (nwy/nwy)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi