MOM'S LIFE

Saat Memilih Peralatan Dapur Perhatikan Juga Desainnya, Bun

SIti Hafadzoh 12 Okt 2018
Ilustrasi memilih peralatan dapur/ Foto: iStock Ilustrasi memilih peralatan dapur/ Foto: iStock
Jakarta - Alat dapur seperti kompor, lemari es, oven, blender, dan lain-lain sudah menjadi kebutuhan rumah tangga. Nah, saat Bunda memilih peralatan dapur jangan cuma lihat fungsinya ya, tapi perhatikan juga desain dan ukurannya.

Ikon chef Electrolux, Chef Chandra Yudaswara menjelaskan, ada dua hal yang harus diperhatikan ketika memilih peralatan dapur. Pertama, durable atau tahan lama. Kedua, efisiensi alat tersebut. Supaya memasak bisa lebih efisien dan produktif, Bun.

"Jadi jangan pilih alat yang bongsor tapi useless. Packagingnya besar, nyimpennya susah. Mending yang compact, nice, slim, terus efisien dan produktif," jelas chef Chandra kepada HaiBunda usai konferensi pers 'Electrolux Taste Stories' di Electrolux Indonesia building, Petojo, Jakarta Pusat, Kamis (11/10/2018).

Ilustrasi memilih peralatan dapurIlustrasi memilih peralatan dapur/ Foto: thinkstock
Selain alat untuk mengolah makanan, alat penyimpanan makanan juga perlu diperhatikan, Bun. Menurut Chef Chandra, tempat penyimpanan makanan seperti lemari es harus bisa mempertahankan kesegaran makanan.



Jadi, Bun, nggak cuma fungsinya saja yang penting kita perhatikan saat memilih peralatan dapur. Ya, desain peralatan dapurnya kayak gimana juga perlu dipertimbangkan. Seperti kata Chef Chandra, desain peralatan dapur yang simpel dan efisien bisa bikin kegiatan memasak Bunda jadi lebih menyenangkan dan produktif.

Dikutip dari Boldsky , ada lima trik yang bisa Bunda lakukan supaya dapur yang sempit nggak terlihat sesak dengan adanya peralatan dapur yang cukup banyak, yaitu:

1. Manfaatkan dinding untuk menggantung peralatan dapur seperti wajan, spatula, sampai kain lap.
2. Gunakan ruang kosong di bawah tempat cuci piring untuk menaruh perlatan dapur lain.
3. Susun peralatan dapur menurut prioritas. Barang yang jarang dipakai bisa ditaruh di lemari dapur bagian paling atas dan barang yang paling sering dipakai bisa ditaruh di tempat yang mudah dijangkau.
4. Manfaatkan rak tinggi untuk menyimpan barang-barang.
5. Simpan peralatan dapur berukuran kecil di keranjang. Kalau perlu dikelompokkan ya, Bun. Trik ini bisa membantu barang-barang nggak berserakan dan lebih mudah diambil. Sehingga, dapur tampak lebih rapi.

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi