MOM'S LIFE

5 Bahan untuk Hilangkan Minyak Membandel di Peralatan Dapur

Amelia Sewaka Jumat, 09 Nov 2018 - 14.01 WIB
ilustrasi mencuci peralatan dapur berminyak/ Foto: iStock ilustrasi mencuci peralatan dapur berminyak/ Foto: iStock
Jakarta - Noda berlemak atau berminyak adalah salah satu noda yang paling sulit dihilangkan dari wadah, apalagi wadah plastik. Kadang, untuk membersihkan wadah berminyak kita keburu sebal karena lama banget waktunya dan wadah pun nggak kunjung bersih.

Noda berminyak juga membuat wadah plastik atau bening jadi menguning lho, Bun. Makanya, lebih baik kita segera bersihkan dengan cara yang tepat. Nah, berikut beberapa cara mudah membersihkan wadah berminyak dengan bahan dapur, seperti dilansir Reader's Digest dan Food52. Yuk, simak bersama Bunda.



1. Soda kue

Baking soda atau soda kue merupakan bahan dapur yang terkenal banyak manfaatnya. Kalau Bunda punya piring, gelas atau wadah yang berminyak, bisa banget dicuci dengan soda kue agar noda berminyaknya hilang.

Caranya, basahi wadah dengan sedikit air lalu taburkan sedikit baking soda. Gosok dengan spons atau kain basah, lalu bilas dengan air bersih. Cara lainnya, kita bisa menambahkan sedikit soda kue ke cairan pencuci piring kita.

Bahan untuk Hilangkan Minyak MembandelBahan untuk Hilangkan Minyak Membandel Foto: thinkstock
2. Soda

Tak banyak yang tahu, selain untuk menghilangkan dahaga soda juga bisa menghilangkan noda berminyak di panci atau wajan. Caranya, tuang soda di panci atau wajan yang masih hangat dan diamkan beberapa saat. Setelah panci mendingin cuci dengan sabun dan bilas pakai air bersih.

3. Air hangat

Lebih cepat lebih baik. Ketika Bunda selesai memasak, panci atau wadah plastik lebih baik langsung disiram dengan air hangat. Didiamkan beberapa saat hingga lemak terangkat, cuci dengan sabun lalu bilas dengan air bersih.

Bahan untuk Hilangkan Minyak MembandelBahan untuk Hilangkan Minyak Membandel Foto: Dok. Hobart Corp
4. Garam

Garam juga salah satu bahan dapur yang banyak fungsinya. Ketika punya wadah atau panci yang berminyak, kita bisa menaburi garam di wadah tersebut dan digosok dengan sabun cuci piring. Bilas dengan air bersih, dan voila! Wadah kembali kinclong dan nggak bau minyak deh.

5. Cuka

Bahan dapur lain yang banyak manfaatnya adalah cuka. Setelah wadah berminyak kita cuci dengan sabun cuci piring dan air hangat, semprotkan sedikit cuka ke wadah, gosok-gosok kembali dengan sikat atau spons, lalu bilas dengan air bersih.

(aml/rdn)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi