MOM'S LIFE

3 Manfaat Saat Pria Menjadi Seorang Ayah

Melly Febrida Rabu, 09 Jan 2019 - 09.41 WIB
1. Manfaat kesehatan
Foto: thinkstock Foto: thinkstock

1. Manfaat kesehatan

Saat si Kecil mulai tumbuh besar, ayah biasanya akan mulai 'dituntut' untuk menemani bermain. Hal ini tentu saja secara tidak langsung membuat Ayah lebih aktif bergerak secara fisik.

"Tuntutan, permintaan, dan kebutuhan anak. Misalnya untuk bermain bola, main petak umpet, atau sekadar minta minum, memaksa para ayah untuk terus sibuk," ungkap Raksha.

Keinginan untuk terus mendampingi anak juga seringkali membuat Ayah lebih peduli dengan kesehatan dirinya sendiri. Menurut penulis 'The Men's Health Longevity Program', Kenneth Goldberg, pria umumnya akan lebih menjaga kesehatan demi terus ada untuk anak-anaknya.

Sebuah penelitian dari National Institute of Mental Health, Maryland, menemukan bahwa pria yang menjalin hubungan keluarga sehat, biasanya tidak mudah sakit akibat stres.

"Para ayah yang memiliki hubungan baik dengan anak-anaknya juga jarang terserang penyakit jantung, insomnia, kelelahan, gangguan pencernaan, dan askit kepala," ungkap pemimpin penelitian tersebut, Rosalind C. Barnett.

2. Manfaat untuk emosional, psikologis, dan sosial

Meski sibuk dengan urusan pekerjaan, demi anak biasanya Ayah tetap akan berupaya untuk menyediakan
waktu khusus. Alasannya karena anak tentu dianggap sebagai sesuatu yang serius, sehingga harus diprioritaskan.

Menurut Reksha, ketika ayah bisa menghibur anak-anaknya dengan cara tertentu atau membahagiakannya, dari segi psikis hal ini akan terasa melengkapi tujuan hidupnya.

Menjadi sosok ayah juga membuat pria menunjukkan sisi kepribadian yang mungkin tidak pernah disangka sebelumnya. Bahkan sosok ayah yang bersifat keras dan tidak sentimental juga bisa menangis ketika berurusan dengan anak-anaknya.

Ilustrasi ayahIlustrasi ayah/ Foto: iStock
(rdn/muf)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi