moms-life

Tips agar Pemakai KB Spiral Nyaman Saat Berhubungan Seksual

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 10 Oct 2019 19:15 WIB
Tips agar Pemakai KB Spiral Nyaman Saat Berhubungan Seksual
Jakarta - Tidak sedikit Bunda yang merasakan ketidaknyamanan, saat memakai kontrasepsi IUD atau biasa dikenal dengan istilah spiral. Terutama saat melakukan hubungan seksual dengan suami.

Enggak cuma Bunda, Ayah pun kerap terganggu dengan tali dari IUD yang terpasang. Saat melakukan hubungan seksual, ada gangguan yang mengurangi kenikmatan bercinta.

Christine Greves, MD, seorang obgyn di Orlando Health di Florida mengatakan bahwa penggunaan IUD yang berada di dalam rahim lebih aman. Berbeda dengan yang berada di vagina atau leher rahim yang sesungguhnya agak mengganggu. Tetapi kemungkinan banyak pria merasakan adanya keberadaan tali IUD ketika hubungan intim dilakukan.


"Terkadang jika talinya super pendek, dapat menyodok Mr P. Dan jika talinya panjang, ia dapat melengkung di bawah leher rahim dan memiliki kemungkinan lebih kecil dirasakan. Sebab, tali IUD dirancang untuk memanjang melewati serviks dimana memudahkan obgyn melepaskannya di masa depan," ujarnya seperti dikutip dari Health.
Tips agar Pemakai KB Spiral Nyaman Saat Berhubungan SeksualTips agar seks nyaman saat memakai KB Spiral/ Foto: iStock

Walau keberadaannya memang kerap dirasakan, sesungguhnya pemakaian IUD justru dapat membuat Bunda dan pasangan lebih spontan bercinta lho. Sebab, Bunda tidak perlu mengingat-ingat untuk minum pil kontrasepsi atau harus menggunakan kontrasepsi lainnya. Sehingga, agenda bercinta pun lebih bebas dilakukan kapanpun, seperti dikutip dari laman Womens Health mag.

Meski demikian, Bunda tetap harus waspada karena penggunaan IUD dapat memunculkan risiko perdarahan usai bercinta, Bun, terutama pada IUD hormonal.

Meskipun tidak umum terjadi, tapi pada beberapa wanita perdarahan kerap terjadi dikarenakan IUD hormonal menipiskan lapisan endometrium, bagian dalam rahim yang luruh setiap bulan dengan menstruasi. Jika lapisannya sangat tipis, lapisan itu mungkin sedikit menipis saat bercinta dimana dapat menyebabkan perdarahan.

Untuk itu, senantiasa berhati-hati ya, Bun, saat melakukan hubungan seks dengan pasangan. Serta selalu waspada ketika ada perdarahan usai berhubungan seksual terutama ketika Bunda merasakan kesakitan. Ini bisa menjadi tanda bahwa IUD Bunda tidak pada tempatnya dimana membuat Bunda tidak terlindungi.

Semoga membantu, Bun.

Saksikan juga kiat mengajarkan anak pendidikan seks.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi