nutrisi

Penting Bun, Menjaga Nutrisi di 1.000 Hari Pertama Kehidupan Anak

Yuni Ayu Amida Kamis, 31 Jan 2019 - 14.05 WIB
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Momen emas sang anak adalah seribu hari pertama kehidupannya, Bun. Itu sebabnya dibutuhkan perawatan khusus untuk si buah hati. Simak penjelasan ahli ini yuk.

Menurut dr Bernie Endyarni Medise, Sp. A(K), MPH, seribu hari pertama kehidupan buah hati dimulai dari 270 hari di dalam kandungan dan 730 hari setelah lahir. Selama 730 hari ini dibagi ke dalam fase 0 - 12 bulan dan 12 - 24 bulan.

"Ini adalah masa penting bagi perkembangan otak sang buah hati, serta pertumbuhan dan perkembangannya. Sehingga disebut sebagai momen emas," kata dr Bernie dalam Talkshow Perawatan Esensial di Momen Emas Kehidupan Sang Buah Hati, di Restaurant Seribu Rasa Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (29/1/2019).

Lebih lanjut, dr Bernie menjelaskan, yang perlu diperhatikan orang tua sepanjang momen emas tersebut adalah nutrisi seimbang dan stimulasi yang tepat. Perkembangan bayi akan kurang optimal jika hal ini tidak terpenuhi.

"Yang penting nutrisi harus terjaga, jangan sampai ibu terlalu banyak pantangan makan, ini enggak ah, itu enggak. Padahal, janin itu membutuhkan makanan, dan makanannya hanya bisa disalurkan melalui plasenta. Jadi makanan kita yang akan disalurkan ke bayi." jelas dr Bernie.

Selain itu, kebersihan pada bayi juga sangat penting. Kulit bayi berbeda dengan dewasa, bahkan lima kali lebih tipis dari dewasa. Jika pada orang dewasa tidak masalah kulitnya tergores sedikit, pada bayi bisa menjadi sumber infeksi. Selain itu, suhu tertentu pun bisa menjadi masalah untuk kulit bayi.

"Kulit bayi lebih tipis dan lebih sensitif dibandingkan kulit dewasa, sehingga pada momen emas tersebut, penting bagi ibu untuk menjaga kebersihan kulit dan memilih produk yang ramah dengan kulit bayi yang sensitif," tutur dr Bernie.

Tentunya, Bunda juga harus jaga kebersihan ya. Terlebih saat Bunda hamil, sehingga memastikan tidak ada infeksi yang bisa menular dan membahayakan janin. (yun/muf)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi