parenting

7 Hal Ini Perlu Dilakukan Saat Anak Diajak Ikut Momo Challenge

Nurvita Indarini Minggu, 05 Aug 2018 15:08 WIB
7 Hal Ini Perlu Dilakukan Saat Anak Diajak Ikut Momo Challenge
Jakarta - Bunda, kita perlu kasih tahu anak-anak untuk nggak ikut-ikutan melakukan challenge yang sedang viral di dunia maya, tapi bisa membahayakan dirinya. Seperti yang saat ini sedang jadi perbincangan adalah Momo Challenge.

Konon seorang gadis berusia 12 tahun asal Argentina meninggal bunuh diri. Kematiannya dikaitkan dengan Momo Challenge.

Nah, Bun, 7 hal ini perlu dilakukan saat anak kita mengatakan dirinya 'diundang' ikut Momo Challenge:




1. Ajarkan Anak Berkata Tidak

Mengajarkan anak berkata tidak untuk hal-hal yang bisa membahayakan dirinya memang penting banget dilakukan. Yang perlu diingat, anak harus mengatakan tidak dengan penuh percaya diri dan berani.

Anak harus paham benar bahwa dirinya berhak untuk berkata tidak atas sesuatu yang bisa membuatnya tidak nyaman dan tidak aman. Demikian dikutip dari The Sun.

2. Ajarkan Anak untuk Tidak Menghakimi

Jika ada orang yang mengajak atau menyarankan anak untuk ikut challenge berbahaya seperti Momo Challenge, jangan pernah mendorong anak untuk menghakimi orang yang mengajaknya. Kita harus ingat bahwa tidak menghakimi adalah cara kita menghormati orang lain. Jika kita menghormati orang lain, maka sudah sepatutnya mereka menghormati kita.

3. Bersama dengan Teman yang Sepaham

Lebih banyak menghabiskan waktu dengan teman yang sepaham bahwa challenge yang berbahaya meskipun sedang viral nggak perlu diikuti lebih bikin anak tenang.

7 Hal Ini Perlu Dilakukan Saat Anak Diundang Ikut Momo Challenge/7 Hal Ini Perlu Dilakukan Saat Anak Diundang Ikut Momo Challenge/ Foto: Thinkstock


4. Beri Tahu Orang Dewasa Jika Terancam

Jika orang lain yang mengundang melakukan challenge berbahaya seperti Momo Challenge menyampaikan ancaman, beri tahu anak untuk memberitahukan pada orang dewasa. Berbicara dengan orang dewasa yang dipercaya penting untuk membantu mencari jalan keluar.

5. Abaikan Undangan Aneh di Media Sosial

Kepolisian Nasional Spanyol mewanti-wanti anak dan remaja untuk mengabaikan undangan challenge yang nggak jelas. Demikian dikutip dari Fox News.

Jika suatu kali di WhatsApp ada pesan dari nomor tidak dikenal menggunakan avatar perempuan dengan mata besar dan fitur wajah aneh, lalu mengajak mengikuti Momo Challenge, jangan ditanggapi.



6. Dengarkan Anak

Jika anak memberi tahu kita, orang tuanya, bahwa dirinya masuk ke dalam sekelompok orang yang berniat melakukan challenge berbahaya, dengarkan semua ceritanya dengan baik, Bun. Hindari untuk buru-buru menasihati mereka. Yang utama, kita perlu paham apa concern dan pengalaman mereka.

7. Akui Perasaan Anak

Saat anak merasa khawatir, bantu mereka mengenali perasaan dan kita perlu banget mengakui perasaan mereka. Mengabaikan perasaan mereka justru akan membuat mereka enggan melanjutkan percakapan dan kapok membicarakan hal-hal yang mengganggunya. (Nurvita Indarini)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi