parenting

Cara Membuat Anak Makan Tanpa Gadget

Maya Sofia Rabu, 11 Sep 2019 18:00 WIB
Cara Membuat Anak Makan Tanpa Gadget
Jakarta - Anak makan sambil menonton video pada gadget sepertinya sudah menjadi pemandangan yang umum dewasa ini. Membiarkan anak nonton video pada gadget dianggap memudahkan orang tua dalam memberi makan sang buah buah hati. Apakah Bunda dan Ayah salah satunya?

Jika ya, Bunda dan Ayah perlu mempertimbangkan kembali kebiasaan tersebut. Sebab menurut psikolog anak dari Tiga Generasi, Chitra Annisya MPsi., Psikolog, kegiatan makan pada dasarnya adalah proses pembelajaran.

"Kalau saat makan anak fokus pada gadget, dia tidak akan menyadari proses yang dilalui. Akibatnya proses makannya jadi enggak optimal. Ketika makan enggak ada gadget, dia enggak bisa menikmati proses makannya," ujar Chitra dikutip dari detikcom.


Selain itu anak yang makan sambil bermain gadget juga bisa jadi sulit makan dan picky eater. Hal ini karena anak terlalu fokus pada gadget sehingga tidak menyadari bahwa tekstur makanan yang disantapnya bermacam-macam.

"Padahal kan mengunyah itu proses yang cukup sulit. Nah, untuk jangka panjang, bisa terhambat tuh kemampuan bicaranya. Karena saat bicara kan ada organ oral motor yang mesti matang dan terlatih sehingga anak bisa menghasilkan suara yang betul dan tepat," ucapnya.

Hal senada juga diungkapkan dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi SpA, MARS atau akrab disapa dr Tiwi. Menurut dia, banyak hal yang tidak dimanfaatkan anak ketika ia makan sambil fokus pada gadget.

"Makan ini kan sebenarnya stimulasi. Yang jelas gadget ini saya sering bilang kata toxic artinya racun buat perkembangan anak, racun buat otak anak. Bukan racun beracun bagaimana, tapi potensi anak kan banyak, motorik, sensorik, kognitif, emosional, bahasa, sosialisasi. (Itu) hilang semua. Jadi ruginya banyak sekali," ujarnya dalam program Ibu Pintar Trans TV.

Nah berikut tips dr Tiwi bagi Bunda bagaimana cara membuat anak makan tanpa gadget.

1. Biar anak bermain dahulu

Jika anak susah makan, biar anak anak bermain dahulu. Jika anak sudah lelah, baru dia makan.

2. Perpendek waktu makan

Sementara kalau anak tak bisa menghabiskan makanan, Bunda bisa memperpendek waktu makannya. "Jadi makannya lebih sedikit saja," ujar dr Tiwi.

3. Bercerita

Bunda bisa bercerita pada anak sambil memberinya makan. Ceritanya bisa seputar makanan. Misalnya saja bercerita tentang wortel. Minimal, kata dr Tiwi, anak ada interaksi dengan orang tua.

"Ibunya pasti lebih tahu bagaimana supaya anak itu tertarik dengan bahan pembicaraan. Kalau bisa kita pilih tema berganti-ganti supaya tidak bosan.

4. Anak nyaman

Nah ini kadang sering terabaikan oleh orang tua. Saat anak mengantuk, tanpa sadar Bunda dan Ayah memberinya makan. Padahal hal itu tidak disarankan.

"Enggak boleh dia lagi mengantuk, kita suruh makan," ucapnya.

5. Ibu juga harus nyaman

Hal penting lainnya selain anak, Bunda juga harus nyaman. Saat memberi makan anak, Bunda tak boleh dalam kondisi terburu-buru. "'Sudah kasih gadget saja biar cepat.' Itu enggak boleh. Jadi semuanya harus nyaman dan yang penting otaknya juga nyaman karena dapat berkembang dengan bagus," kata dr. Tiwi.

Bunda bisa simak cara membuat anak makan tanpa gadget selengkapnya dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(som/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi