sign up SIGN UP search

advertorial

Ternyata Mainan Memiliki Peran Penting dalam Perkembangan Si Kecil

advertorial Sabtu, 08 Sep 2018 00:00 WIB
Yuk pilih mainan yang bisa membantu si kecil berkembang dengan aman dan nyaman, Bun. caption
Jakarta -

Bun, pengalaman dalam hidup si kecil merupakan hal yang sangat penting untuk perkembangan dan mendukung kehidupannya di masa depan kelak. Mainan juga memiliki peran yang besar untuk membantu si kecil belajar dan berkembang, lho.

Sebagai merek mainan yang populer selama 60 tahun, Play-Doh telah membuktikan manfaatnya untuk perkembangan si kecil. Berikut manfaat bermain Play-Doh bagi si kecil.

1. Mengasah Kreativitas

Si kecil bisa membentuk Play-Doh dengan mudah. (Foto: dok. Play-Doh)Si kecil bisa membentuk Play-Doh dengan mudah. (Foto: dok. Play-Doh)

Memilih Play-Doh untuk si kecil bisa membantu perkembangan otak mereka. Si kecil bisa terinspirasi dan lebih imajinatif ketika membentuk Play-Doh yang bisa dibentuk menjadi apapun.

Ketika masih kecil, ia bisa memulai untuk membuat bentuk yang sederhana seperti bola, hati, atau bintang. Namun kalau sudah lebih dewasa, si kecil bisa membuat bentuk yang lebih sulit seperti pizza, gajah, dinosaurus, atau karakter kartun kesukaannya, lho. Jadi, kreativitas si kecil bisa diasah dengan bermain Play-Doh.

2. Melatih Kemampuan Motorik Halus

Sambil bermain, si kecil bisa melatih kemampuan motorik halus. (Foto: dok. Play-Doh)Sambil bermain, si kecil bisa melatih kemampuan motorik halus. (Foto: dok. Play-Doh)

Bunda perlu tahu bahwa bermain Play-Doh bisa mengasah kemampuan motorik halus si kecil. Ketika si kecil sibuk menekan, menarik, menggulung, meremas, atau memotong Play-Doh, mereka sebenarnya juga sedang melatih kekuatan otot jari dan tangan yang sekaligus melibatkan koordinasi matanya. Kelak, hal tersebut bisa membantu mengembangkan kemampuan si kecil seperti memotong, menggenggam pensil, dan menulis.

3. Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi dan Sosial

Play-Doh bisa meningkatkan kemampuan komunikasi dan sosial si kecil. Bermain Play-Doh bersama bunda atau teman-temannya bisa memberi banyak kesempatan bagi si kecil untuk berbicara dan berdiskusi, bermain dengan kolaboratif, serta mengontrol diri dan membuat rencana dengan yang lain.

Bunda juga bisa mengajak si kecil mengobrol dan mengajarkannya untuk mendeskripsikan apa yang sedang si kecil lakukan sambil bermain.

4. Belajar Bahasa dan Literasi

Si kecil juga bisa sekaligus belajar alfabet saat bermain. (Foto: dok. Play-Doh)Si kecil juga bisa sekaligus belajar alfabet saat bermain. (Foto: dok. Play-Doh)

Bermain Play-Doh juga bisa mengajarkan si kecil tentang bahasa. Ketika menyampaikan apa yang sedang dibuat atau apa yang dirasakan selagi bermain, si kecil juga sebenarnya sedang memperbanyak kosakatanya. Bahkan ketika bunda bertanya, si kecil juga sebenarnya belajar untuk mendengarkan.

Selain itu, sambil bermain Play-Doh, si kecil juga bisa belajar huruf dan angka sekaligus, lho. Bunda bisa mulai dengan membantu si kecil mengeja dan menyusun namanya atau nama temannya menggunakan Play-Doh.

Bunda juga bisa mengajari si kecil angka dengan cara yang mudah seperti menghitung jumlah bentuk Play-Doh yang sudah dibuatnya atau mainan di sekitarnya.

5. Aman untuk Si Kecil

Sebagai seorang ibu, bunda pasti selalu ingin memberi yang terbaik untuk si kecil. Untuk itu, bunda harus cerdas dalam memilih mainan yang aman untuk si kecil.

Nah, Play-Doh bisa menjadi pilihan terbaik karena Play-Doh merupakan mainan dengan merek Amerika yang tidak mengandung bahan-bahan berbahaya.

Dengan begitu, bunda tidak perlu khawatir untuk membiarkan si kecil bermain Play-Doh. Mainan ini memiliki tekstur yang lembut dan tidak mudah kering sehingga si kecil bisa bermain lebih lama.

Oleh karena itu, kualitas Play-Doh pun tidak perlu diragukan lagi, Bun. Klik di sini untuk tahu lebih lanjut tentang Play-Doh atau untuk mengetahui mainan yang tepat untuk si kecil.

(Advertorial)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi