advertorial

Ajarkan 5 Karakter Baik Ini Agar Menjadi Anak Tangguh di Masa Depan

Advertorial Kamis, 12 Sep 2019 00:00 WIB
Ajarkan 5 Karakter Baik Ini Agar Menjadi Anak Tangguh di Masa Depan
Jakarta -

Memiliki buah hati yang kelak tumbuh menjadi sosok yang memiliki prestasi dan sukses, pastinya menjadi harapan setiap bunda di rumah. Namun, untuk mewujudkannya bunda perlu mempersiapkan berbagai macam cara agar si kecil bisa bersaing menjadi terbaik di antara teman-temannya kelak.

Lebih dari itu, bunda harus cerdas melihat berbagai peluang, dan potensi untuk mengembangkan bakat yang dimiliki oleh si kecil. Di zaman yang serba berubah dan semakin kompetitif ini, penting bagi bunda untuk mempersiapkan si kecil agar tangguh dalam menghadapi masa depan.

Ketangguhan si kecil ini tidak lagi hanya bergantung dari fisik saja ya bun, melainkan dibutuhkan stimulasi yang tepat serta pengembangan karakter yang kuat. Untuk itu, ada lima karakter yang perlu dilatih dan dimiliki oleh si kecil sebagai dasar peningkatan diri agar lebih tangguh menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

1. Mandiri

Karakter mandiri artinya dapat mengandalkan kemampuannya sendiri tanpa harus bergantung pada orang lain. Hal itu bisa dimulai dari berbagai aktivitas yang dilakukannya setiap hari, misal, bunda beri kesempatan pada si kecil untuk membereskan tempat tidurnya, mandi, serta berpakaian dengan caranya sendiri.

Ketika ia berhasil melakukan aktivitas itu, jangan lupa berikan apresiasi dengan memujinya, seperti, kamu hebat nak. Hal itu bisa menumbuhkan rasa percaya diri yang kuat bagi si kecil sehingga terstimulus untuk melakukan kegiatan lainnya dengan penuh semangat.

Ajarkan 5 Karakter Baik Ini Agar Menjadi Anak Tangguh di Masa DepanFoto: Dok. Nutrilon


2. Berani

Setelah si kecil mendapatkan rasa percaya diri dari aktivitas yang dilakukannya, itu secara tidak langsung akan mendorong ia lebih berani mengambil berbagai risiko. Ini sangat penting sekali bagi pertumbuhan anak, karena keberanian akan membantunya beradaptasi terhadap lingkungannya dengan baik.

Perlu diketahui, agar si kecil terlatih berani, bunda tidak boleh berlebihan melarang si kecil melakukan hal yang disukainya, misal aktivitas kotor-kotoran. Selain itu, bunda juga bisa memberi salah satu contoh untuk melatih keberanian si kecil dengan meminta tidur sendiri dan mematikan lampu kamarnya.

3. Gigih

Setiap si kecil menghadapi permasalahan, pastikan bunda mendorongnya untuk berusaha menyelesaikannya sampai selesai. Bukan saja kemandirian yang ia dapat, tetapi sisi tanggung jawab dalam diri si kecil ini akan semakin berkembang dengan baik bun, sehingga ia akan selalu tegar dalam menghadapi berbagai kesulitan ke depannya.

Bagaimana cara meningkatkannya? Nah, bunda bisa mulai dengan memberi semangat setiap ia mengalami masalah atau kegagalan. Selain itu, beri penjelasan bahwa setiap masalah atau kegagalan bukanlah suatu yang fatal, melainkan hal biasa yang dialami banyak orang. Setelahnya, kembali apresiasi hal yang dilakukan si kecil ya bun.

4. Banyak Akal

Banyak cara untuk mengembangkan daya nalar si kecil ini, salah satunya lewat permainan, karena berbagai visual-visual menarik dari permainan tersebut akan mudah disukainya. Meski demikian, hal ini perlu pengawasan dari bunda untuk memilih permainan yang sesuai dengan anak, sehingga cara berpikir si kecil akan terlatih dengan baik.

Selain permainan, bunda juga bisa beri kesempatan pada anak untuk memilih sesuatu dengan memberi tahu berbagai perbedaan kemudian tanyakan alasannya, itu juga akan membantunya berpikir untuk menyampaikan pendapat.

Ajarkan 5 Karakter Baik Ini Agar Menjadi Anak Tangguh di Masa DepanFoto: Dok. Nutrilon


5. Adaptif

Karakter adaptif ini penting dimiliki oleh si kecil, untuk menyesuaikan diri pada setiap situasi. Sifat ini akan membantu dirinya terutama saat ia berada di lingkungan baru, seperti sekolah atau teman-teman baru. Untuk melatihnya, bunda hanya perlu kembali ajarkan kemandirian dan keberanian pada si kecil agar ia bisa beradaptasi dengan baik.

Selain memberikan stimulasi untuk perkembangan 5 karakter diatas, dibutuhkan juga sistem pertahanan untuk mendukung ketahanan tubuh si Kecil. Bunda bisa memberikan berbagai asupan harian yang bervariasi dan bernutrisi seimbang agar tubuh si Kecil memiliki perlawanan alami agar mampu melawan penyakit dengan efektif. Selain itu, dukung juga nutrisi untuk daya tahan tubuhnya FOS:GOS 1:9 yang terkandung di dalam susu formula.

Mari kita latih si Kecil untuk mempunyai 5 karakter anak tangguh karena karakternya ini tidak dibawa dari lahir.  Bagi bunda yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut seputar cara dan tips mempersiapkan masa depan si kecil, dapat mengunjungi Nutriclub.co.id.

Selain persiapan masa depan si kecil, bunda juga dapat informasi seputar kehamilan, serta berbagai artikel edukatif yang memberikan pengetahuan baru bagi bunda dan si kecil. Yuk, jadikan si kecil tangguh untuk siap hadapi masa depan!

(adv/adv)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi