advertorial

Tips Alyssa Soebandono Dukung Tumbuh Kembang Anak Selama di Rumah

Advertorial   |   HaiBunda

Kamis, 27 Aug 2020 00:00 WIB

Jakarta -

Pada dasarnya setiap anak memiliki 5 potensi prestasi Anak Generasi Maju di dalam diri yang meliputi kemampuan berpikir kreatif, bantu tumbuh kembang, supel, percaya diri, dan mandiri. Kelimanya berperan penting dalam menunjang tumbuh kembang dan kualitas kesehatan anak.

Selama di rumah saja, Bunda bisa mendampingi anak mengasah kelima aspek tersebut agar ia tumbuh menjadi anak berprestasi. Alyssa Soebandono, pesinetron cantik dan ibu dari Rendra (5 tahun) dan Malik (3 tahun) berbagi tips penting untuk mendukung tumbuh kembang anak selama beraktivitas di rumah.

"Bagi saya, kuncinya adalah asupan nutrisi seimbang dan stimulasi yang tepat sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak," kata Alyssa.

Namun selama mendampingi anak di rumah, Bunda tentu menghadapi sejumlah tantangan mulai dari menghadapi anak yang rewel hingga mengakali anak yang tidak mau makan. Simak tips-tips di bawah ini yuk, Bun.

Jika Anak Tidak Mau Makan

Menurut Pedoman Umum Gigi Seimbang Kemenkes tahun 2014, asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang sangat penting bagi tumbuh kembang optimal anak usia 1-5 tahun. Idealnya, ia makan 3 kali sehari dengan 2-3 kali makan selingan di antaranyaSementara susu dapat diberikan sebagai salah satu sumber protein hewani. Menu makan anak juga sebaiknya mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral.

adv

Foto: Dokumen SGM Eksplor

Menyadari pentingnya nutrisi bagi tumbuh kembang anak, Alyssa Soebandono juga memastikan kebutuhan nutrisi mereka selalu tercukupi.

"Menurut saya, nutrisi yang lengkap dan seimbang penting sekali agar anak-anak tetap sehat, sehingga belajarnya juga lebih semangat," tutup Alyssa.

Apabila anak sedang tidak mau makan, Bunda harus mencari tahu dulu penyebabnya sebelum mengatasinya. Misalnya karena ia sakit, bosan, atau tidak suka makanan tertentu.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menganjurkan agar Bunda mengajak anak makan bersama seluruh anggota keluarga di meja. Selain suasana lebih menyenangkan, anak pun akan mencontoh orang tua yang menghabiskan seluruh makanan.

Siasati juga menu makan anak. Sajikan dalam porsi kecil dan izinkan ia untuk mencoba makan sendiri. Bunda juga bisa menyulap makanan yang tidak disukai anak menjadi bentuk-bentuk menarik seperti nugget sayur, puding buah, bola-bola ikan, dan sebagainya.

Jika Ada Lebih dari Satu Anak di Rumah

Apabila ada lebih dari satu anak di rumah, Bunda perlu meluangkan waktu khusus one-on-one dengan masing-masing anak. Alyssa berbagi tips tentang mendampingi Rendra dan Malik yang berbeda usia.

"Untuk mengajarkan anak yang beda usia, saya perlu menyesuaikan caranya dengan kemampuan dan kepribadian masing-masing anak. Malik, misalnya, lebih suka mendengarkan cerita. Makanya saat mengajarkan dia, saya harus sambil bercerita," tutur Alyssa.

adv

Foto: Dokumen SGM Eksplor

Tak hanya itu, Alyssa juga menekankan pentingnya pembagian yang adil di antara kedua anaknya. "Baik kakak maupun adik sebaiknya punya alat belajar masing-masing supaya tidak saling rebutan," paparnya.

Jika Anak Rewel

Saat beraktivitas di rumah, ada kalanya anak mulai rewel dan tidak mau menuruti kata Bunda. Sebaiknya Bunda gunakan kalimat positif saat memberi instruksi pada anak. Misalnya, gunakan kalimat "Kita bereskan mainan adik, ya," daripada kalimat negatif seperti "Jangan mengacak-acak mainan."

adv

Foto: Dokumen SGM Eksplor

 

Usahakan agar Bunda tidak mengucapkannya sambil berteriak atau marah. Panggil nama anak dengan jelas dan gunakan intonasi suara yang tenang dan lembut. Ketika anak menunjukkan perilaku baik, beri pujian dengan spesifik seperti "Adik pintar ya bisa merapikan mainan sendiri".  Kalimat pujian akan memupuk rasa percaya diri anak sehingga ia berani mencoba hal baru dan tumbuh menjadi anak kreatif.

Bunda, semoga tak sulit ya menerapkan tips-tips di atas pada anak. Dengan dukungan dan kasih sayang Bunda, anak bisa tumbuh dan berkembang dengan optimal meski di rumah saja. Kuncinya adalah asupan nutrisi lengkap dan seimbang disertai stimulasi yang tepat.

Untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak, Bunda bisa memberikan segelas susu pertumbuhan SGM Eksplor dengan formula Complinutri setiap hari. SGM Eksplor Complinutri diperkaya dengan nutrisi penting yang dibutuhkan anak seperti Minyak Ikan, Omega 3, Omega 6, Serat Pangan Inulin, Zinc dan Vitamin C, Vitamin D dan Kalsium, serta nutrisi lainnya.                                                                                                     

(adv/adv)

TOPIK TERKAIT

HIGHLIGHT