sign up SIGN UP search

advertorial

Poppy Bunga Berbagi Tips Atasi Tantangan Belajar Online di Rumah

Advertorial   |   Haibunda Kamis, 03 Sep 2020 00:00 WIB
dv caption
Jakarta -

Anak-anak kini harus melakukan sebagian besar aktivitas mereka di rumah, termasuk bersekolah secara online menggunakan perangkat ponsel atau laptop. Ini tentu menjadi salah satu tantangan baru untuk Bunda yang harus mendampingi buah hati tercinta belajar di rumah.

Ada kalanya anak merasa bosan, enggan belajar, hingga risau karena lama tak bertemu teman-temannya. Poppy Bunga, selebriti dan ibu dari Khanza (6 tahun), ternyata ikut merasakan tantangan dalam mendampingi anak belajar di rumah.

"Sekarang semua harus dikerjakan di rumah, bahkan sekolah juga dengan sistem online. Pastinya ada tantangan untuk Khanza dan aku. Mulai dari mengatur jadwal belajar sampai bagaimana Khanza bisa tetap bersosialisasi dengan guru dan teman-temannya," kata Poppy.

Bunda, simak tips-tips dari Poppy agar anak bisa belajar dengan efektif di rumah dan tumbuh menjadi anak berprestasi. 

Buat Jadwal Teratur

Kegiatan belajar dari rumah memang menuntut penyesuaian dalam rutinitas harian Bunda dan anak. Seperti dilansir dari Unicef, baiknya Bunda buat jadwal kegiatan dalam sehari bersama anak. Tentukan sekitar pukul berapa ia harus bangun, mandi, sarapan, belajar online, dan lain-lain.

Masukkan juga waktu bermain ke dalam jadwal. Usahakan agar waktu untuk kegiatan-kegiatan tersebut relatif sama setiap harinya. Jika anak sudah terbiasa melakukan jadwal rutin, potensi prestasi mandirinya pun akan semakin terasah, Bun. 

Anak juga akan lebih senang mematuhi jadwal jika ia terlibat dalam pembuatannya. Gunakan stiker, pensil warna, atau hiasan yang ia suka pada jadwal. Apabila anak mematuhi jadwal, berikan ia pujian spesifik seperti, "Adik pintar ya, sudah mandi dan sarapan sesuai jadwal yang kita buat". Pujian akan menambah rasa percaya diri anak.

Metode jadwal ini pun diterapkan oleh Poppy Bunga lho, Bun. "Untuk memastikan waktu belajarnya, aku memberlakukan jadwal harian supaya Khanza tahu kapan harus fokus belajar dan kapan waktunya bermain," cerita Poppy.

Tetap Bergaul meski Berjauhan

Selain jadwal belajar dari sekolah, Bunda juga bisa memanfaatkan aplikasi video call agar anak bisa bersosialisasi dengan teman-teman, kakek-nenek, dan orang-orang terdekat lainnya. Supaya lebih seru, libatkan anak dalam permainan yang bisa dilakukan sambil video call.

"Aku ingin anak bisa tetap bergaul meski di rumah aja sekarang. Khanza biasanya suka main cerdas cermat atau lomba menggambar secara online sama teman-temannya. Khanza juga rutin ikut sesi video call dengan guru-gurunya supaya lebih dekat dan semangat belajar," kata Poppy.

Dengan demikian, anak pun bisa tetap tumbuh menjadi anak kreatif dan supel meski di rumah saja ya, Bun.

Asupan Nutrisi Lengkap dan Seimbang

"Hal yang paling penting, aku selalu pastikan asupan nutrisi Khanza lengkap dan seimbang untuk mendukung tumbuh kembang dia. Aku percaya kalau tumbuh kembang optimal, Khanza bisa lebih mudah belajar dan lebih semangat beraktivitas," ujar Poppy.

Seperti Poppy, Bunda sebaiknya memastikan si kecil memperoleh asupan nutrisi yang sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak.

Menurut Pedoman Umum Gizi Seimbang Kementerian Kesehatan tahun 2014, anak sebaiknya makan teratur 3 kali sehari dengan 2-3 kali selingan di antaranya. Berikan anak makanan sumber protein dan asam lemak omega 3 seperti ikan untuk mendukung pertumbuhan fisik dan perkembangan otaknya. Anak juga membutuhkan pangan sumber kalsium seperti susu untuk memelihara kepadatan tulangnya.

Kebutuhan nutrisi yang terpenuhi akan membantu mengasah potensi prestasi anak, termasuk cerdas kreatif dan tumbuh tinggi dan kuat. Untuk mengetahui perkembangan potensi prestasi si kecil dan bagaimana memberikan stimulasi sesuai perkembangannya, Bunda dapat mengikuti Tes 5 Potensi Prestasi Anak Generasi Maju atau klik https://bit.ly/Tes5PotensiPrestasi.

Selain memantau perkembangan si kecil dan juga memberikan stimulasi yang tepat, jangan lupa ya Bun untuk melengkapi menu harian anak yang bernutrisi! Bunda bisa memberikan susu pertumbuhan SGM Eksplor dengan formula Complinutri setiap hari.

SGM EksplorComplinutri diperkaya dengan nutrisi penting yang dibutuhkan anak seperti Minyak Ikan, Omega 3, Omega 6, Serat Pangan Inulin, Zinc dan Vitamin C, Vitamin D dan Kalsium, serta nutrisi lainnya.

(adv/adv)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!