sign up SIGN UP search

advertorial

Sekolah Online Bikin Mata Anak Lelah? Cegah Pakai Monitor dari BenQ

Advertorial Kamis, 09 Sep 2021 00:00 WIB
adv caption
Jakarta -

Sudah hampir dua tahun lamanya anak-anak harus belajar dengan model pembelajaran jarak jauh akibat pandemi COVID-19. Dengan adanya teknologi digital, kini aktivitas belajar anak-anak mau tak mau selalu melihat layar laptop ataupun handphone.

Pergeseran aktivitas belajar secara online ini membuat tak sedikit orang tua, termasuk para Bunda, khawatir. Pasalnya, mereka dan anak dituntut untuk banyak menghadapi waktu di depan layar. Padahal, segala aktivitas yang terus fokus di depan layar gawai ini justru dapat menyebabkan mata lelah juga iritasi akibat efek radiasi.

Kondisi mata lelah tak boleh disepelekan begitu saja ya, Bun. Dalam jangka panjang, kelelahan pada mata bisa menimbulkan gejala sakit kepala, penglihatan buram, nyeri atau kaku di sekitar leher, bahu, dan punggung, hingga iritasi yang menyebabkan mata kering dan merah. Gejala-gejala ini juga dapat membuat anak terasa kurang berenergi.

Untuk itu, Bunda perlu memberi perhatian pada anak saat harus sekolah online di rumah. Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara yang dapat Bunda terapkan pada anak untuk mencegah kelelahan saat sekolah online.

  1. Ajarkan Anak Metode 20-20-20

    Jika Bunda menemukan tanda kelelahan pada mata anak, seperti sering mengucek mata, berkedip, ada penumpukan kotoran atau kerak pada kelopak mata, hingga keluhan penglihatan kabur, maka cara ini bisa diajarkan segera pada anak.

    Mengutip Health Cleveland Clinic, dengan metode 20-20-20, Bunda bisa bantu anak beristirahat dari layar. Caranya, ajak anak beristirahat dari layar setiap 20 menit. Ubah fokus mata anak-anak dari layar ke objek lain yang berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) dari tempat Bunda, dan lihatlah objek yang ada dalam waktu 20 detik.

    Untuk hasil yang lebih baik, Bunda juga bisa ajak si kecil untuk bermain sejenak di luar ruangan. Sebab, menghabiskan lebih banyak waktu di luar ruangan dengan cahaya alami bisa bantu menyegarkan mata mereka setelah menghabiskan waktu lama di depan layar.

  2. Hindari Penggunaan Tetes Mata

    Produk obat tetes mata sering kali dijadikan cara untuk mengatasi mata yang kering dan lelah akibat lama beraktivitas di depan layar. Namun, penggunaannya tak boleh sembarang apalagi saat diberikan kepada anak-anak. Apalagi tak sedikit pula anak yang justru menjerit atau mengeluh tidak nyaman saat diteteskan obat mata.

    Sebelum memberikan obat tetes mata pada anak, pastikan Bunda sudah berkonsultasi terlebih dahulu pada ahlinya. Jika dokter mata anak-anak sudah memberi rekomendasi, barulah tetes mata bisa digunakan untuk mata anak yang lelah.

  3. Jaga Jarak Aman dari Layar

    Melansir NYTimes, jarak yang ideal dan disarankan untuk membaca adalah kurang lebih 16 inci. Akan tetapi, penggunaan perangkat seperti ponsel biasanya menggunakan jarak sekitar 10-12 inci. Pada jarak ini, mata anak-anak pun menjadi kurang rileks saat harus melihat layar sehingga menyebabkan kelelahan otot mata.

    Agar anak-anak terhindar dari kelelahan mata saat sekolah online, Bunda bisa jaga perangkat digital mereka sejauh kurang lebih 2 kaki dan sejajar dengan mata. Caranya ini akan bantu membuat anak belajar dengan lebih rileks dan fokus tanpa merasa lelah.

  4. Atur Cahaya dan Posisi Layar yang Tepat

    Dikutip dari Healthline, pencahayaan yang tidak tepat dapat menyebabkan kelelahan mata pada anak. Baik itu kondisi terlalu terang, maupun terlalu redup. Karenanya, pastikan Bunda atur kondisi pencahayaan dari layar gawai yang dipakai anak-anak dengan baik.

    Atur juga kondisi cahaya dari ruangan belajar yang dipakai oleh anak-anak supaya cukup terang dan baik untuk mata mereka. Selain itu, pastikan anak-anak melihat layar dari gawai digital dalam posisi yang tepat. Untuk mencegah kelelahan pada mata, Bunda bisa atur pandangan layar anak setinggi mata atau sedikit di bawahnya.

    Selain mencoba keempat cara di atas, Bunda juga bisa menjaga anak-anak mengalami mata yang lelah akibat sekolah online dengan menggunakan perangkat yang tepat. Salah satunya, dengan menggunakan BenQ Eye Care Monitor GW 2780T yang bisa jadi solusi untuk online learning pada anak.

advFoto: dok. BenQ

Monitor dari BenQ ini memiliki dimensi yang luas, yakni dengan layar sebesar 27 Inci serta dilengkapi Panel IPS FHD untuk sudut pandang yang lebih luas. Perangkat ini juga dilengkapi 4 Fitur Eye Care berteknologi tinggi yang bisa bantu mencegah kelelahan pada mata, antara lain

    • Brightness Intelligence (B.I. Tech.)

      Kecerahan layar yang tidak tepat bisa membuat mata anak lelah. Dengan adanya smart feature ini, BenQ Eye Care Monitor GW2780T akan otomatis menyesuaikan cahaya sekitar yang terdeteksi oleh sensor cahaya sehingga mata anak tidak cepat lelah.

    • Teknologi Flicker-Free

      Layar yang berkedip dapat memberi tekanan ekstra pada mata hingga menyebabkan ketidaknyamanan di mata anak-anak. Dengan adanya teknologi Flicker-Free di perangkat ini, anak-anak dapat tetap nyaman di depan monitor meski dalam jangka waktu lama.

    • Teknologi Low Blue Light

      Blue Light (Cahaya Biru) dari perangkat digital bisa menurunkan produksi melatonin dan membuat mata tidak nyaman serta sulit beristirahat. Untuk itu, teknologi ini akan menyaring sinar cahaya biru yang dipancarkan dari perangkat untuk mencegah kelelahan pada mata anak dan menjaga kesehatan mata mereka.

    • Mode Color Weakness

      Dengan Mode Color Weakness dari BenQ, anak-anak dengan color weakness tetap dapat membuat diagram, statistic, dan gambar tanpa effort lebih. Sebab, fitur ini bisa bantu pengguna yang memiliki kekurangan buta warna (defisiensi merah-hijau).

advFoto: dok. BenQ

Tak hanya dilengkapi fitur canggih, BenQ Eye Care Monitor GW2780T juga dibekali oleh kemampuan penyesuaian ketinggian yang cocok untuk digunakan anak-anak dan seluruh keluarga. Height Adjustable Monitor yang dapat disesuaikan ketinggiannya dengan kebutuhan anak ini bisa membuat anak belajar dengan lebih nyaman.

Bunda bisa atur sudut pandang dan tinggi terbaik yang dibutuhkan, sehingga anak akan terhindar dari kesalahan posisi tubuh yang bisa membuat mata mereka cepat lelah.

Terakhir, perangkat ini juga dilengkapi Multiple Port Access yang dapat terhubung dengan laptop, tablet dan smartphone secara mudah sebagai layar eksternal. Dengan segala fitur dan keunggulannya, perangkat ini bisa Bunda andalkan untuk bantu anak sekolah online dengan nyaman dan mencegah mereka dari risiko mata lelah saat belajar.

Tertarik bantu anak cegah risiko mata lelah? Bunda bisa segera dapatkan BenQ Eye Care Monitor GW2780T melalui e-commerce, seperti di Tokopedia atau Shopee. Untuk informasi lebih lengkap mengenai produk, Bunda bisa akses di sini.

(adv/adv)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!