sign up SIGN UP search

advertorial

Kenali Virus Corona Varian Lambda yang Lebih Mudah Menular

Advertorial Jumat, 10 Sep 2021 00:00 WIB
Le Minerale caption
Jakarta -

Usai diramaikan dengan virus Corona varian Delta, kini masyarakat juga dihebohkan dengan varian Lambda. Tak hanya membawa sejumlah mutasi, varian Lambda ternyata juga lebih mudah menular lho, Bunda.

Dilansir dari Infection Control Today, sebuah studi yang dilakukan para peneliti di Chili menunjukkan bahwa varian Lamda pertama kali muncul di Peru sekitar setahun yang lalu. Dari penelitian tersebut, dikatakan varian ini juga membawa sejumlah mutasi yang menyebabkan peningkatan penularan atau peningkatan resistensi terhadap antibodi.

Tak hanya itu, varian Lambda menunjukkan peningkatan terjadinya infeksi penyakit jika dibandingkan dengan arian Alpha dan Gamma. Oleh karena itu, WHO mengklasifikasikan varian Lambda sebagai variant of interest (VoI) di tingkat global pada 15 Juni 2021.

"Hasil kami menunjukkan bahwa mutasi yang ada dalam protein lonjakan varian lambda memberikan peningkatan infektivitas dan pelepasan kekebalan dari antibodi penetral yang ditimbulkan oleh CoronaVac," papar penelitian tersebut.

Dikutip dari Science Focus, para ilmuwan menemukan adanya mutasi L452Q di dalam varian Lambda. Mutasi ini dilaporkan mirip dengan mutasi pada varian Delta dan Epsilon, serta diyakini mempengaruhi kerentanan terhadap vaksin.

Para peneliti di NYU Grossman School of Medicine juga telah menguji efektivitas vaksin mRNA, seperti Pfizer dan Moderna terhadap varian Lambda. Hasilnya, varian ini memiliki resisten terhadap vaksin meskipun tidak menyebabkan hilangnya perlindungan vaksin yang signifikan. Soal gejala, varian Lambda juga masih menyebabkan gejala serupa seperti infeksi COVID-19 pada umumnya, yakni batuk, demam, anosmia dan ageusia.

Mengerikan sekali ya, Bunda? Guna mencegah infeksi varian ini, Bunda perlu melakukan pencegahan secara ekstra untuk keluarga. Pasalnya, vaksinasi tidak sepenuhnya dapat melindungi tubuh terhadap infeksi COVID-19. Bahkan, seorang dokter di AS, Dr. Kevin Kavanagh MD berpendapat vaksinasi harus dikombinasikan dengan penggunaan masker dan kacamata, serta penerapan protokol kesehatan untuk mencegah infeksi.

"Perlu diingat bahwa masker atau respirator berkualitas tinggi dapat mengurangi paparan virus hingga enam kali lipat, menjadikannya tambahan penting untuk vaksin dengan kemanjuran yang berkurang," kata Kavanagh dikutip dari Infection Control Today.

Selain itu, Bunda perlu memastikan tubuh selalu dalam kondisi sehat dengan mengonsumsi makanan bernutrisi seperti sayur, buah, protein, dan lainnya. Cukupi juga kebutuhan cairan dan mineral tubuh dengan mengonsumsi air yang mengandung mineral alami.

Le MineraleFoto: Le Minerale

Untuk memenuhi kebutuhan cairan dan mineral tubuh, Le Minerale merupakan pilihan yang paling tepat untuk Bunda dan keluarga, terutama untuk anak. Le Minerale berasal dari sumber mata air pegunungan terpilih di Indonesia yang mengandung mineral alami sehingga baik untuk tubuh dan kesehatan anggota keluarga.

Galon Le Minerale hadir dengan kemasan yang selalu baru dan bukan galon cuci ulang sehingga kehigienisannya dan kandungan mineral alaminya lebih terjaga sampai ke tangan Bunda. Dengan kebersihan yang terjamin, Bunda jadi bisa lebih tenang soal kebutuhan air minum. Galon Le Minerale juga dilengkapi dengan handgrip sehingga mudah untuk diangkat dan dipasang ke dispenser. Kebersihan Galon Le Minerale juga sangat terjamin karena tutup ulirnya anti rembes dan juga kedap udara. Jadi, Bunda tak perlu khawatir air di dalam galon akan terkontaminasi oleh bakteri atau virus dari luar. Yuk jaga kesehatan Bunda dan keluarga dengan mengonsumsi air mineral berkualitas yang bersih dan aman.

(adv/adv)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!