sign up SIGN UP search

advertorial

Boleh Nggak Sih Beri MPASI Sebelum 6 Bulan? Ini Kata Ahli, Bun!

Advertorial   |   Haibunda Jumat, 26 Nov 2021 00:00 WIB
adv caption
Jakarta -

Pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) kurang dari 6 bulan kerap menjadi perdebatan. Hal yang sama sempat dipertanyakan oleh Zaskia Sungkar. Ia mengaku memberikan MPASI lebih awal untuk putra pertamanya, Ukkasya.

Berdasarkan rekomendasi WHO dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), MPASI memang sebaiknya diberikan saat bayi berusia enam bulan. Kendati demikian, Dokter Spesialis Anak, dr. Frieda Handayani Kawanto, SpA (K) memaparkan beberapa kondisi yang membuat bayi bisa mendapat MPASI lebih awal.

"Kadang ada di usia 4 bulan, 5 bulan sudah diberikan MPASI. Mungkin karena kecukupan ASI ibu kurang memadai. Lalu dari segi postur, fisik, anak bayi sudah kuat untuk menahan kepala. Dia juga sudah menunjukkan keinginan untuk makan," ujarnya di acara IG Live 'Serba-serbi yang Harus Diketahui Pejuang MPASI!' di Instagram @haibundacom.

Selain itu, dr. Frieda mengatakan alasan lainnya bisa karena kebutuhan untuk mengejar berat badan bayi, sehingga perlu diberikan MPASI. Hal tersebut tentu perlu melalui konsultasi dengan dokter anak, terutama untuk melihat apakah Si Kecil sudah siap menerima MPASI.

Seperti yang telah disinggung bahwa MPASI sebetulnya diberikan pada saat 6 bulan karena di usia tersebut, ASI saja sudah tidak dapat memenuhi kebutuhan gizi harian anak, Bun. dr. Frieda pun menerangkan juga di usia 6 bulan, kebutuhan bayi sangat berkembang dan meningkat sehingga diperlukan MPASI untuk melengkapi ASI. Di samping itu, sistem pencernaan bayi sudah dianggap siap menerima MPASI di usia 6 bulan.

dr. Frieda menambahkan, dalam mempersiapkan MPASI, Bunda harus memperhatikan kecukupan gizi Si Kecil. Misalnya dengan memenuhi 200 kalori untuk bayi 6 bulan yang baru mulai MPASI.

"Nutrisi itu ada makronutrien dan mikronutrien. Makronutrien terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak sehat. Sedangkan mikronutrien terdiri dari vitamin dan mineral. Semua sama pentingnya. Namun pada bayi yang baru mendapat MPASI, yang ditekankan adalah lebih ke makronutrien, karena ketiganya sangat penting sebagai building block dan energi untuk membangun tubuh dan mencetak otak cerdas," tuturnya.

Di samping ke 3 zat tadi, juga ditekankan pentingnya zat mineral, seperti zat besi, zinc, dan kolin. Menurutnya, walaupun dibutuhkan dalam jumlah kecil, namun zat tersebut memiliki peran esensial bagi tumbuh kembang buah hati, Bunda.

"Zat besi juga penting untuk kecerdasan otak, fokus, konsentrasi, jadi memang esensial sekali," tuturnya.

Namun, tidak bisa dipungkiri. Dalam mempersiapkan MPASI pertama bukanlah hal yang mudah, ya Bun? Apalagi bagi Bunda yang sudah mulai bekerja sehingga tidak punya banyak waktu untuk membuat MPASI bagi anak. Berdasarkan panduan IDAI, bayi berusia 6 bulan memiliki kebutuhan zat besi harian sebesar 11 mg. Sayangnya, MPASI buatan rumah saja tidak cukup karena si kecil perlu mengonsumsi makanan tertentu dalam jumlah banyak guna mendapatkan 11 mg zat besi setiap hari.

Soal ini, nggak perlu khawatir, Bun. Bunda bisa mempercayakan nutrisi Si Kecil pada MPASI yang sudah difortifikasi seperti SUN. SUN hadir dengan rangkaian MPASI yang bergizi lengkap seimbang sebagai solusi untuk para Bunda yang bingung menyiapkan MPASI untuk bayi. Diperkaya dengan Esenutri yang mengandung serat pangan inulin, zinc, zat besi, 11 vitamin, dan 6 mineral, sehingga baik untuk mendukung tumbuh kembang buah hati sesuai tahapan usianya.

MPASI dari SUN terbuat dari bahan-bahan alami untuk melindungi kemurnian nutrisi yang diberikan oleh Bunda. Adapun salah satu yang bisa dijadikan pilihan yaitu produk SUN Bubur Sereal 6+. Teksturnya lembut dan diformulasikan untuk bayi berusia 6 bulan ke atas. Bubur ini tinggi akan kandungan protein, 11 vitamin, dan 6 mineral, serta diperkaya dengan DHA & Kolin yang penting bagi perkembangan otak.

Sementara untuk bayi di atas 8 bulan bisa memilih SUN Bubur Lanjutan. Bubur ini hadir dengan inovasi rice ball yang membuat tekstur bubur lebih padat dan kasar. Cocok banget untuk Si Kecil yang sedang belajar mengunyah dan menggigit, Bunda.

Saat sedang quality time bersama buah hati, Bunda bisa berkreasi membuat camilan dengan biskuit SUN Marie Susu. 3 keping biskuit ini memiliki kandungan kalsium yang setara dengan segelas susu. Tidak hanya itu saja Bunda, biskuit SUN Marie Susu juga memiliki tekstur pas dan rasa yang enak, sehingga disukai buah hati

(adv/adv)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!