sign up SIGN UP search

advertorial

Bunda Harus Tahu, Ini Segudang Manfaat Memberi ASI ke Buah Hati

Advertorial   |   Haibunda Selasa, 31 May 2022 00:00 WIB
A woman mother breastfeeding an infant baby with a phone in her hands for online consultations caption
Jakarta -

ASI memiliki segudang manfaat bagi buah hati. Tak hanya sebagai sumber makanan dan nutrisi, tapi ASI juga memiliki beragam kandungan yang diyakini dapat menumbuhkan kecerdasan bagi buah hati, serta melindungi mereka dari infeksi.


Selain itu, ASI juga dapat mengurangi tingkat risiko masalah kesehatan di kemudian hari, termasuk diabetes, obesitas, dan asma. Protein dalam ASI diketahui juga lebih mudah dicerna daripada susu formula.


Manfaat ASI yang sangat besar inilah yang membuat semua ibu pasti ingin memberikan yang terbaik dengan menyusui buah hatinya. Kementerian Kesehatan pun mengeluarkan keputusan tentang pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan dan dilanjutkan hingga buah hati berusia 2 tahun atau lebih dengan pemberian makanan pendamping yang sesuai.


Menurut data dari situs Ikatan Dokter Anak Indonesia, sejumlah bukti ilmiah memperlihatkan ASI yang diberikan secara eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupan dapat mencukupi kebutuhan nutrisi untuk tumbuh kembang buah hati.


Tak hanya bagi buah hati memberikan ASI juga bermanfaat untuk ibu menyusui dapat membantu rahim berkontraksi dan pendarahan berhenti lebih cepat setelah melahirkan. Menyusui juga dapat mengurangi risiko kanker payudara dan ovarium.


Selain itu, memberikan ASI dapat membantu Ibu menghilangkan trauma usai persalinan. Setelah melahirkan biasanya Ibu rentan mengalami baby blues syndrome, terlebih yang belum terbiasa memberikan ASI untuk buah hati mereka. Namun dengan menyusui, secara perlahan rasa trauma pun akan hilang dengan sendirinya dan Ibu pun akan terbiasa menyusui buah hatinya.


Perlu dipahami, ibu menyusui membutuhkan nutrisi yang banyak dibandingkan saat hamil. Berdasarkan AKG di Indonesia, ibu hamil membutuhkan setidaknya 2.650 kkal per hari, lebih besar dari kebutuhan ibu hamil sebesar 2.430 kkal per hari. Oleh sebab itu, asupan nutrisi bagi ibu menyusui harus diperhatikan.


Adapun nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu menyusui, antara lain karbohidrat sebagai sumber energi, protein untuk perkembangan organ tubuh serta mendukung sistem imun ibu dan buah hati, vitamin B2 dan B12 untuk meningkatkan kuantitas serta kualitas ASI. Selain itu, zat besi dibutuhkan dalam perkembangan otak bayi, dan sebagainya.


Terkait teksturnya, ASI kental dan encer sama-sama bagus. Apa pun tekstur ASI yang keluar dari payudara akan menyesuaikan kebutuhan bayi. Maka dari itu, Ibu nggak perlu khawatir dengan tekstur ASI yang berubah.


Ketika pertama kali menyusui, ASI pertama yang keluar disebut foremilk. ASI ini memiliki tekstur encer dan kaya akan laktosa yang penting untuk tumbuh kembang bayi serta mengandung antibodi. ASI selanjutnya yang keluar adalah hindmilk dengan tekstur kental karena mengandung lemak.


Mengingat ASI menjadi makanan utama buah hati dalam 6 bulan pertama, penting bagi Ibu dan buah hati untuk tetap sehat selama masa mengasihi. Namun, tak dapat dipungkiri memberikan ASI bisa jadi hal yang sulit bagi beberapa Ibu. Berbagai kendala bisa terjadi, misalnya belum memiliki pengalaman menyusui, kurang pengetahuan mengenai menyusui, adanya gangguan kesehatan, dan lainnya.


Menyadari hal tersebut, Haibunda.com berkolaborasi dengan PRENAGEN mengedukasi para Ibu seputar kehamilan, menyusui hingga parenting. Dalam sesi webinar yang berlangsung Jumat (3/6) mendatang, Haibunda dan PRENAGEN mengangkat tema 'InvestASI Tepat, Buah Hati Sehat'.


Acara tersebut menghadirkan konselor laktasi, healthcare communicator, serta Ibu menyusui sekaligus influencer untuk berbagi cerita dan informasi mengenai pemberian ASI. Harapannya para Ibu dapat mengasihi buah hati dengan optimal dan sebagai upaya preventif untuk mencegah dari masalah atau risiko yang timbul saat mengasihi.


Dalam webinar tersebut, Ibu dapat mengajukan berbagai pertanyaan kepada para pembicara. Ada hadiah menarik buat Ibu yang memberikan pertanyaan atau menjawab pertanyaan dengan baik, di antaranya 5 gram logam emas untuk 2 Ibu, uang tunai Rp 1,5 juta untuk 3 Ibu, dan voucher belanja Rp 1,5 juta untuk 5 Ibu.


Jangan lewatkan HaiBunda Live 'InvestASI Tepat, Buah Hati sehat' bersama PRENAGEN, pada Jumat 3 Juni 2022 nanti. Acara ini dapat disaksikan di haibunda.com/webinarprenagen.

(adv/adv)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!