aktivitas

Bun, Ini Lho Manfaat Menemani si Kecil Bermain

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 04 Jul 2017 - 12.34 WIB
Ibu temani anak bermain (Foto: instagram/@arninta) Ibu temani anak bermain (Foto: instagram/@arninta)
Jakarta - Namanya anak-anak, pasti senang main ya Bun. Nah, waktu si kecil lagi asyik main, boleh banget lho Bunda sama Ayah menemani mereka bermain. Hmm, memang apa manfaatnya sih menemani si kecil bermain?

Menurut dr I Gusti Ayu Nyoman Partiwi SpA atau biasa disapa dr Tiwi, saat bunda atau ayah menemani si kecil bermain, akan terjadi komunikasi dua arah antara anak dan orang tuanya nih Bun. Kalau anak main sendiri, cuma terjadi komunikasi satu arah kan? Beda kalau si kecil ditemani bunda atau ayahnya, bisa ada interaksi waktu anak lagi main.

Misalnya, anak lagi main balok, terus sambil main Bunda bisa ngobrol sama si kecil apa ya warna balok itu. Secara nggak disadari, bakal terjadi interaksi dan bonding yang pastinya bisa bikin si kecil sama bunda dan ayahnya makin dekat.

"Anak punya bermacam-macam mainan perlu. Tapi, kalau main nggak ada yang menemani sama aja bohong. Makanya, penting banget buat Bunda sama Ayahuntuknemani anak karena ada komunikasi dua arah, anak juga bisa dapat pengetahuan dariaktivitasbermainnya," katadrTiwi di sela-selaparentingclass yang digelar KlinikdrTiwidanMerriesdiCasaGrande,Kasablanka,Jakarta, baru-baru ini.
Soal nimbrung main sama si kecil rupanya juga jadi kebiasaan ibuk selebgram Kirana yang menggemaskan, @retnohening nih Bun. Dikutip dari buku 'Happy Little Soul', Retno bilang untuk mainan Kirana, entah itu dibeli atau dibuat seniri, yang terpenting si ibuk bisa menemani Kirana bermain. Dengan ibuk ikut bermain, kata Retno mainan tersebut akan bertambah manfaatnya.

Misalnya nih, Kirana lagi main balok susun. Nah, di situ Retno bisa sambil menyebutkan warna-warna yang ada di baloknya Bun. Dengan begitu, si kecil Kirana bisa main sambil belajar mengenal warna. Nggak cuma itu, menurut Retno main bareng Kirana juga bisa mengajarkan anak 'please' dan 'thank you'.

"Saya bisa pura-pura pinjam balok Kirana dengan bilang 'please' terus bilang 'thank you' waktu dia memberikannya. Dari sana, Kirana juga belajar tentang berbagi dan bermain bersama," kata Retno.

Kalau Bunda, biasanya sama si kecil suka main apa nih? Gimana sih keseruan Bunda waktu main bareng si kecil? Yuk Bun berbagi cerita di kolom komentar berikut.
(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi