aktivitas

Pentingnya Kasih Kesempatan Anak Belajar Mandi Sendiri

Radian Nyi Sukmasari 11 Agu 2017
Ilustrasi anak mandi sendiri/ Foto: thinkstock Ilustrasi anak mandi sendiri/ Foto: thinkstock
Jakarta - Wajar ya kalau anak, terlebih usianya masih batita (di bawah tiga tahun) masih dimandiin. Tapi, nggak ada salahnya juga lho kita melatih anak untuk belajar mandi sendiri.

Melatih anak untuk mandi sendiri, sebenarnya poinnya bukan supaya dia malu pas mandi karena pintu kamar mandinya masih dibuka atau malu pas dimandikan bunda atau ayahnya. Tapi, kata psikolog anak dan remaja Ratih Zulhaqqi, poinnya lebih kepada di usia berapa nih nantinya si kecil udah bisa mandi sendiri.

Untuk itu, kata Ratih saat mandiin anak, kita kasih tahu juga gimana prosedur mandi. Misalnya, pakai shower atau gayung, terus basahi kepala dan badan, pakai sampo dan sabun, terus bilas. Nah, kalau anak mulai mau mandi sendiri, biarkan, Bun. Nggak perlu dilarang.

"Kita kasih kesempatan dia mandi sendiri. Nggak apa-apa. Walau memang biasanya anak-anak lebih banyak main airnya ya. Tapi nggak apa-apa, dia kan belajar dan lama-lama dia akan bisa kok," kata Ratih yang praktik di RaQQI Human Development and Learning Centre.

Selain itu, kita juga perlu lihat tingkat kebersihannya juga. Dengan begitu, anak tetap punya panduan waktu mandi sendiri. Kalau ternyata pas anak mandi sendiri hasilnya belum terlalu bersih, nggak perlu kita marahi kok. Kata Ratih, cukup kita kasih tahu kalau ada bagian yang masih kotor.

Setelah itu, ajak lagi anak membersihkan tubuhnya terus membilasnya. Ratih berpesan, jangan langsung potong kegiatan anak pas mandi gara-gara masih ada sisa sabun di badannya ya, Bun. Soalnya, itu bisa bikin anak nggak percaya diri dan ke depannya, sedikit-sedikit anak akan nanya apa yang dia lakukan pas mandi udah benar atau belum.

"Ya, mungkin standar kebersihan ibu dan anak beda aja kan ya," ujar Ratih. Soal memandikan si kecil, kata Ratih kita bisa sampaikan ke anak kalau dia boleh dimandikan oleh siapa saja, asalkan orang yang benar-benar sudah kenal dekat.

Yang terpenting, untuk melatih anak mandiri, baik orang tua atau si mbak misalnya, jangan sampai nggak kasih kesempatan ke mereka untuk berlatih mandiri, salah satunya dengan mandi sendiri. Menurut pengalaman Ratih, nggak sedikit anak yang udah besar tapi sayangnya belum bisa mandi sendiri.

"Ini karena kesempatan anak untuk mencoba mandi sendiri nggak ada. Misalkan karena takut anak mandinya nggak bersih, terus orang tua biasanya takut anak mandinya justru belepotan," tambah Ratih. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi