aktivitas

Ayah Ini Punya Cara Unik Agar Anaknya Mau Gosok Gigi

Radian Nyi Sukmasari 13 Sep 2017
Tips agar anak mau gosok gigi (Foto: Facebook/ Love What Matters) Tips agar anak mau gosok gigi (Foto: Facebook/ Love What Matters)
Jakarta - Supaya anak mau rajin menyikat gigi, kita perlu kreatif dan punya ide yang ciamik ya, Bun. Kayak ayah yang satu ini. Dia nggak menyerah sampai akhirnya menemukan cara ampuh membuat anaknya rajin menyikat gigi.

Ayah tiga anak bernama Henry Warren ini akhirnya menemukan cara supaya anaknya, Sam mau menyikat gigi yaitu dengan menggunakan surat peri gigi. Ya, jadi Henry membuat surat seakan-akan surat itu berasal dari peri gigi. Bentuk suratnya, mirip surat pemberitahuan gitu, Bun.

Isi surat pemberitahuan dari peri gigi untuk sang anak diunggah Henry di akun twitternya. "Anak kami sangat buruk dalam hal menyikat gigi. Tapi, ternyata peri gigi sudah cukup," tulis Henry.

Isi surat dari si peri gigi - yang sebenarnya buatan Henry - di antaranya berisi kalau peri gigi nggak akan mau menerima gigi Sam ke depannya, kecuali kalau kondisinya membaik dengan signifikan. Bahkan, di surat itu peri gigi tahu lho Bun kalau masih ada sisa minuman manis, sereal, dan cokelat di gigi Sam.

Baca juga: Gigi Tetap Anak Tak Kunjung Tumbuh? Bisa Jadi Ini Sebabnya

"Untuk itu, saya menyatakan bahwa peninjauan proses menyikat gigi menjadi masalah darurat," tulis peri gigi di surat tersebut. Di dalam surat pemberitahuan itu, peri gigi mengungkapkan kalau saat ini, kondisi gigi Sam masih bisa dimaafkan. Tapi, perlu ada jaminan nih Bun kalau kondisi gigi si anak akan jauh lebih baik. Kalau nggak, imbalan dari peri gigi bakal ditahan. Wah, ada-ada aja ya, Bun.

Sejak diunggah pada 5 September lalu, surat gigi dari peri gigi yang dibagikan Henry disukai sama lebih dari 18 ribu netizen. Sementara, unggahan surat peri gigi ini sudah di-retweet lebih dari 6.300 kali, Bun. Ide ayah Henry sukses bikin gigi Sam sehat dan bersih ya, Bun. Setuju nggak?

Tips anak mau gosok gigi/Tips anak mau gosok gigi/ Foto: Twitter @henrywarren


Memang sih, Bun. Supaya anak mau menyikat gigi, itu susah-susah gampang. Tapi, bukan berarti kita sebagai orang tua menyerah gitu aja. Seperti kata drg Andria Diarti SpKGA dari RS Premiere Jatinegara, ada berbagai cara yang bisa kita lakukan untuk membuat anak mau menyikat gigi. Kita bisa ajak anak menyikat gigi bersama dengan suasana yang menyenangkan.

Baca juga: Keluhan Saat Bayi Tumbuh Gigi dan Cara Mengatasinya

Misalnya sambil nyanyi, bercerita, joget-joget, atau bercermin. Jangan lupa, kita ajak anak untuk sikat gigi bareng ya, Bun. Nah, kalau kata drg Ayu Kurniasih SpKGA dari RSPI Puri Indah, ada cara yang bisa kita lakukan lagi nih, Bun. Kita pangku anak lalu bujuk dia supaya mau membuka mulutnya dan kalau perlu, kita nih yang buka mulut anak.

"Kita sambil nyanyi-nyanyi dan tetap happy. Memang, awalnya anak pasti akan berontak, tapi lama-lama dia akan terbiasa kok," kata drg Ayu.

Nah, buat Bunda kira-kira apa nih cara ampuh yang dilakukan supaya si kecil rajin menyikat gigi? Ceritakan yuk pengalaman Bunda di kolom komentar. (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi