aktivitas

Trik Istri Indra Birowo 'Menyapih' Putranya dari Gadget

Radian Nyi Sukmasari 13 Okt 2017
Ui Birowo dan anak. /Foto: dok.HaiBunda Ui Birowo dan anak. /Foto: dok.HaiBunda
Jakarta - Bukan nggak mungkin anak-anak kecanduan gadget. Ini juga yang sempat dialami putra aktor Indra Birowo, Arkananta Putra Birowo (11) dan Mahija Shafiq Birowo (6). Untuk 'menyapih' Arka dan Mahija dari gadget, istri Indra, Ui, punya cara tersendiri. Ya, walaupun nggak mudah.

Kata Ui, sampai umur 6 tahunan, Arka yang pada dasarnya susah makan, makin nggak mau makan kalau nggak ada gadget, Bun. Jadilah ke mana-mana Ui membawa gadget supaya Arka mau makan. Tapi, akhirnya Arka berhasil makan tanpa diberi gagdet lebih dulu.

Ui bilang, caranya dengan memberikan Arka reward. Nah, setelah tiga kali mendapat reward, Arka mulai bisa 'lepas' gadget saat makan. Tapi namanya anak-anak, baik Arka ataupun Mahija masih aja suka main gadget. Sampai di bulan Juni lalu, Ui dan Indra bertekad menyapih putranya dari pemakaian gadget.

"Aku sama mas Indra memutuskan udahlah memberhentikan anak-anak aja pakai gadget. Nggak ada gunanya juga sih lagian kan mainannya banyak. Nah, seminggu sebelum puasa coba berhenti. Kita omongin bareng-bareng mereka nonton TV boleh tapi satu film sehari dan itu boleh di Sabtu dan Minggu," kata Ui waktu ngobrol sama HaiBunda.

Awal-awal si anak nggak boleh pakai gadget, wah susah banget, Bun, kata Ui. Arka dan Mahija sering marah-marah. Bahkan, ketika ada games seperti yang dipunya teman dan sepupunya, Arka sempat merengek ke Ui minta diunduhkan games tersebut. Tapi, Ui bersikukuh kalau games itu nggak bisa diinstal di laptop-nya.

"Itu sempat berhari-hari minta download-in terus. Aku diemin aja. Tapi abis gitu ya dia lupa aja sekarang," tambah Ui.

Menurut Ui, supaya anak nggak banyak main gadget memang susah-susah gampang. Namun, itu tetap bisa dilakukan asal ada niat dan konsistensi dari orang tua. Seperti Ui bilang, salah satu hal yanh dia khawatirkan saat akan menyapih putranya pakai gadget adalah kalau sang anak marah hingga akhirnya timbul konflik.

Tapi, demi si kecil nggak kecanduan pakai gadget, Ui dan Indra harus menguatkan diri, disiplin sama diri sendiri, juga konsisten. Walaupun, saat itu Arka dan Mahija memang sempat marah-marah tapi Ui tetap bertahan pada prinsipnya.

Baca juga: Tips Agar Kita Nggak Was-was Saat si Kecil Bereksplorasi

"Dulu Mahija pas umur 5 tahun dia suka nonton Star Wars. Pas nggak ada musiknya, dia sempat gerak-gerakkin kaki ngikutin nada lagunya Star Wars, kan serem. Setelah itu udah deh, nggak ada kebanyakan main gadget," ujar Ui.

Saat ini, Arka dan Mahija lebih sering menghabiskan waktu main di rumah dengan permainan real time. Kayak Mahija, kata Ui sepulang sekolah si kecil akan menggambar, main basket, main sama kucing, atau main lego. Pokoknya, Ui menyediakan berbagai mainan yang kadang pun simpel supaya Mahija nggak sibuk main gadget.

Sedikit berbeda sama Arka yang pulang sekolahnya lebih sore. Tapi, di rumah pun Arka nggak banyak menghabiskan waktu main gadget. Walau memang, Arka sudah pakai laptop untuk mengerjakan tugas sekolahnya. Namun, Ui dan Indra mewanti-wanti putranya itu untuk memakai laptop ketika ada ayah, ibu, atau orang dewasa di rumah.

"Pokoknya kita harus lebay nyediain mainan dan ngajak anak main supaya dia nggak kebanyakan main gadget," pungkas Ui.

Baca juga: Ketika Anak di Bawah 2 Tahun Sudah Main Gadget (rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi