aktivitas

Jangan Cueki Bayi yang Menatap Lekat-lekat Wajah Kita Ya

Melly Febrida 19 Mei 2018
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Saat mata ini bertemu dengan sepasang mata kecilnya, lalu bertatap-tatapan cukup lama, ya ampun rasanya indah banget. Itulah yang saya rasakan saat berkomunikasi lewat tatapan mata si kecil.

Kadang mungkin kita suka nggak sadar, Bun, saat si bayi menatap wajah kita lekat-lekat. Mungkin karena di saat yang sama kita sedang sibuk dengan aktivita lain seperti main handphone atau ngobrol dengan orang lain.

Sejak lahir, bayi sebenarnya bisa mengenali wajah, suara, dan bau ibunya, Bun. Bayi akan menghubungkan suara dan aroma ini dengan perasaan cinta, karena itulah kita akan sering melihat si kecil menatap kita lekat-lekat. Mereka hanya mencoba untuk menghafal semua hal yang perlu diketahui tentang bundanya. Jadi jangan dicuekin ya. Demikian dikutip dari Parenting.

Psikolog anak, Penelope Leach, mengatakan kepada Baby Center saat si kecil berusia sekitar 3 bulan, mereka akan menyimpan senyumnya untuk orang-orang yang paling dia kenal. Nah, mereka akan menjadi semakin ramah pada yang dikenal dan sebaliknya lebih rewel dengan orang-orang yang tidak begitu tertarik bergaul dengannya.



Tanda ini mungkin ada hubungannya dengan kenyataan bahwa si kecil tahu dengan mencium aroma bundanya. Menurut sebuah penelitian yang memantau daya tarik aroma payudara pada bayi, mereka pasti mendengus mencium aroma bundanya saat diletakkan dua bantalan kasa yang memisahkan ibunya dan bau wanita lain.

Ketika si kecil sudah mulai merangkak, mereka nggak cuma sering menatap lekat-lekat wajah kita, tapi akan menghampiri kita, ibunya. Sejauh apapun mereka merangkak, kitalah tempat mereka kembali. Kenapa? Bayi berbalik ke arah bundanya untuk memastikan sang ibu masih berada di tempat semula, seperti dikutip dari The Bump.

Kita juga bisa melihat reaksi 'ikatan' si kecil ketika kita menyerahkan si bayi ke orang lain bisa jadi bayi akan menolak dengan cara menangis. Bisa juga saat mereka sudah bisa berjalan akan datang ke arah kita dengan tangan terulur minta digendong.

Menurut What to Expect, bayi akan mulai menjangkau benda dan orang yang sudah tidak asing lagi pada saat berusia sekitar 5 bulan. Itu termasuk segala hal mulai dari mainan favorit hingga bunda dan ayahnya.



Saat bayi masuk ke masa balita, si kecil sedikit lebih ekspresif dan dapat memberi tahu rasa sayangnya kepada kita. Balita akan menantang kita untuk mengejarnya atau meminta kita untuk tinggal sedikit lebih lama dalam berbagai aktivitas. Ini karena mereka merasa aman saat berada di samping kita, Bun. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi