aktivitas

Macet Saat Mudik? Ajak Anak Main Ini Yuk Supaya Tak Bosan

Amelia Sewaka 10 Jun 2018
Ilustrasi anak mudik/ Foto: Dok. Thinkstock Ilustrasi anak mudik/ Foto: Dok. Thinkstock
Jakarta - Nggak terasa musim mudik udah tiba nih. Kalau kebetulan Bunda berencana mudik dengan menggunakan mobil sudah pasti tahu kondisi di jalan yang bisa bikin anak bosan. Ya, benar banget, Bun, macet.

Dalam kondisi jalanan macet sampai mobil diam, bukan nggak mungkin si kecil akan bosan sampai-sampai tantrum. Nah, untuk meminimalkan risiko anak tantrum, lebih baik kita 'bunuh' kebosanan anak saat macet-macetan di jalan dengan melakukan beberapa permainan berikut ini seperti dirangkum HaiBunda dari berbagai sumber.

1. 20 Pertanyaan

Permainan ini mungkin akan lebih cocok untuk anak umur 7 tahun ke atas. Cara mainnya, coba kita pikirkan sebuah objek baik objek hidup atau mati, tempat atau apapun. Ketika sudah selesai, anak bisa menanyakan, 'Apakah itu objek hidup?' dan tugas kita hanya bisa menjawab 'ya' dan 'tidak'.

Ketika kita menjawab 'ya', anak bisa terus bertanya apapun sampai dia mendapatkan petunjuk jelas tentang objek yang kita pikirkan. Mungkin akan lebih seru kalau kita kasih hukuman untuk siapa yang nggak bisa jawab ya, Bun. Misalnya hidungnya dicubit atau pipinya dicemongi pakai bedak.

2. Permainan Alfabet

Masih untuk anak berusia 5 tahun ke atas, permainan ini sangat mudah dimainkan. Bunda bisa memainkan ini bersama keluarga apalagi kalau kondisi jalanan macet total. Caranya, sebutkan benda di sekitar yang huruf awalnya sesuai alfabet. Misalnya Bunda menyebut ayam dari huruf A, kemudian anak menyebut bunga dari huruf B, lalu ayah menyebut corong dari huruf C, begitu seterusnya.

Ilustrasi anak mudikIlustrasi anak mudik/ Foto: Thinkstock


3. Tebak Lagu

Kalau si kecil punya lagu favorit, permainan ini akan makin seru deh. Cara mainnya sangat mudah kok. Pilih kategori musik apa yang ingin dimainkan, pilih salah satu lagunya. Nah, dari sini ditentukan aja seberapa lama lagu tersebut akan diputar.

Atau, kita juga bisa bersenandung supaya anak menebak judulnya atau lagu apa itu. Manfaat dari permainan ini anak jadi tahu banyak lagu, khususnya lagu anak-anak. Selain itu, kita juga bisa nyanyi bareng kan sama si kecil selama menghadapi macet ketika mudik.



4. Berbagi Pesan

Bunda tahu permainan komunikata? Ya, jadi kita sampaikan sebuah kalimat ke orang yang udah ditentukan urutannya. Cukup ucapkan kalimat tanpa suara. Kalau orang yang kita kasih tahu sudah ngeh, dia hanya perlu menyampaikan kalimat itu ke pemain selanjutnya. Nanti, pemain terakhir yang harus menebak kalimat apa yang disampaikan si pemain pertama.

Ini permainan sederhana, tapi setidaknya sangat bisa meningkatkan mood. Karena biasanya semakin jauh pesan yang disampaikan, biasanya semakin berantakan pula isinya sehingga bisa bikin kita ketawa deh. He-he-he.

5. ABC 5 Dasar

Bunda pasti tahu dong permainan ABC lima dasar? Ya, jadi kita menentukan harus menyebutkan nama apa misalkan hewan, buah atau benda. Huruf depan objek tersebut ditentukan dari jumlah jari yang dikeluarkan masing-masing pemain. Ketika salah satu pemain nggak kunjung mendapat jawaban, tentukan batasan waktunya. Saat sudah lewat batas waktu berarti dia kalah. Supaya makin seru bisa juga dibuat hukuman sederhana misalnya yang kalah diminta menyanyi atau dicubit. He-he-he.

ilustrasi anak  mudikilustrasi anak mudik /Foto: thinkstock


6. Permainan Memori

Permainan ini sebenarnya kurang lebih sama dengan ABC 5 dasar. Tapi ini lebih menekankan dalam hal mengingat, Bun.

Untuk memulai permainan kita bisa menentukan tema atau kategori yang luas seperti nama negara di dunia. Kemudian, mulai dengan alfabet pertama yaitu A adalah untuk Amerika. Pemain selanjutnya harus mengulangi ucapan kita dan melanjutkan negara apa dengan alfabet selanjutnya.

Contohnya, Bunda menyebut Amerika lalu giliran Ayah menyebut Amerika dan Bolivia. Giliran selanjutnya harus menyebut negara berawalan C dengan sebelumnya menyebut nama negara yang udah diucapkan.

7. Hitung Objek

Sebenarnya tanpa sadar mungkin kita sering lakukan hal ini, Bun. Kita hanya menentukan objek apa awalnya. Misalkan temanya mobil warna merah. Nanti, kita berlomba deh sama si kecil untuk menghitung ada berapa sih mobil berwarna merah yang ada di sekitar. Minta si kecil hitung dengan suara lantang sambil menunjuk objeknya ya, Bun. Siapa yang menghitung dan menunjuk objek tersebut paling banyak, itu yang menang.

8. Bercerita

Ketika cerita dibacakan dengan benar, anak bisa anteng ketika di mobil. Jadi, kuncinya sebagai orang tua kita mesti bisa menghayati dan tulus menceritakan sesuatu ke anak. Nanti, kita bisa gantian meminta anak yang bercerita. Di sela-sela cerita, supaya makin seru sisipkan juga pertanyaan.

Misalkan, ketika menceritakan seekor domba kita bisa tanya ke anak gimana sih suara domba. Dengan melakukan berbagai kegiatan ini, anak bisa terbantu nggak merasa bosan dalam perjalanan mudik.

[Gambas:Video 20detik]

(rdn/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi