aktivitas

10 Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan Bersama Anak di Rumah

Asri Ediyati Minggu, 21 Okt 2018 - 15.14 WIB
10 Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan Bersama Anak di Rumah/ Foto: ilustrasi/thinkstock 10 Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan Bersama Anak di Rumah/ Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Terkadang kegiatan yang padat tak 'menguras' fisik. Seperti berlama-lama di depan laptop atau komputer di meja kerja. Belum lagi ketika di rumah, anak-anak bersantai dengan gadgetnya. Jangan seperti itu, Bun. Mury Kuswari SPd MSi, Ketua Umum Asosiasi Nutrisionis Kebugaran dan Olahraga Indonesia (ANOKI) menyarankan setidaknya kita dan anak berolahraga 30 menit dalam sehari.

"Menurut penelitian yang telah saya baca, jika anak berolahraga secara rutin bisa meningkatkan fungsi kognitif dan menurunkan risiko obesitas. Aktivitas fisik pada anak dapat meningkatkan kebugaran," kata Mury.

Nah, berikut 10 gerakan olahraga yang yang Bunda dan anak bisa lakukan di rumah dirangkum dari Babble.

1. Planking
Letakkan siku di lantai, angkat ujung jari-jari kaki, dan jauhkan punggung kita secara lurus dan perut dalam satu garis. Tahan posisi itu selama yang kita bisa. 30 Detik cukup bagus jika anak-anak bisa tahan selama itu.

2. Squats
Lebarkan bahu dan lakukan belokan lutut dalam seolah-olah kita duduk di atas kotak yang tidak terlihat. Letakkan tangan. Pastikan lutut tidak melebar melewati jari-jari kaki.

3. Push-up
Tahan perut erat dan punggung kita secara lurus. Bunda bisa melakukan ini dengan lutut lurus atau tertekuk.

4. Crunch
Seperti sit-up, tetapi tidak semu dari lantai ke lutut. Tekuk dada ke arah lutut.


Gerakan crunch/ Gerakan crunch/ Foto: thinkstock

5. Lunges
Ambil satu langkah. Sentuh lutut ke lantai dan pastikan lutut depan tidak melebar melewati jari-jari kaki.

6. Side leg raises
Posisi seperti tidur menghadap samping, lalu angkat kaki di bagian atas secara lurus. Lakukan pada kedua sisi.

7. Burpees
Yang satu ini cukup sulit, dan benar-benar akan membuat jantung berdetak kencang. Jongkok, lalu taruh tangan ke tanah. Tendang kaki lurus ke belakang dan turunkan kaki dengan jari-jari kaki. Kemudian lakukan push-up, bawa kembali kaki ke bawah Anda, dan melompat lurus ke atas dari lantai.

10 Gerakan Olahraga yang Bisa Dilakukan Bersama Anak di RumahIlustrasi anak olahraga/ Foto: ilustrasi/thinkstock


8. Mountain climbers
Mulailah dengan posisi push-up, lalu bergantian membawa satu kaki pada satu waktu ke depan menuju ketiak kemudian rentangkan kembali. Seperti sedang merayap.

9. Butterfly kicks
Berbaring telentang. Angkat kaki dan lakukan gerakan tendang.

10. V-up
Yang ini seperti sit-up, tetapi dalam bentuk V. Berbaring kembali, rentangkan tangan di atas kepala, kemudian angkat kaki dan angkat badan dan tangan sampai membentuk huruf V. Jangkau ke arah kaki, lalu mundur lagi.

Yang terakhir jangan lupa perut terisi dulu sebelum olahraga ya, Bun. Satu hal lagi yang tak kalah penting, jangan sampai nggak pemanasan dulu. Selamat mencoba bersama si kecil di rumah!

(aci/nwy)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi