sign up SIGN UP search


haibunda-squad

Berbagi Ceria, Pesta Klub Dongeng 'Menyihir' Anak-anak Lewat Cerita

Tim HaiBunda   |   Haibunda Jumat, 07 Oct 2022 20:30 WIB
Pesta Klub Dongeng 2022 Pesta Klub Dongeng 2022/ Foto: Dok. Klub Dongeng
Jakarta -

#HaiBunda Si Kecil pasti suka ya, kalau dibacakan dongeng oleh Bunda atau Ayah. Anak-anak berikut ini juga happy banget mendengarkan cerita di Pesta Klub Dongeng (PKD) 2022.

Pada 1 dan 2 Oktober lalu, PKD 2022 menggelar Cerita dari Sekolah yang menghadirkan para pendongeng dan pegiat parenting. Ada Bang Agus PMTOH, Kak Ariyo Zidni, Mbak Halimah, Kak Yanie, Cerita Zackanya, dan Kak BudiBaikBudi.

Acara yang disiarkan langsung dari Perpustakaan Jakarta, Taman Ismail Marzuki, ini dimeriahkan juga oleh Teater Boneka Ayo Dongeng Indonesia, Kelas Mentari, pendongeng Klub Dongeng, serta Komunitas lainnya.


Tak kurang dari 200 peserta antusias banget mengikuti rangkaian acara secara hybrid, baik luring maupun daring. Selain baca dongeng, ada juga workshop bersama para orang tua dengan tema Ortu Bebas Was-was: Cara Melatih Anak Menjaga Diri di Sekolah Melalui Cerita.

"Klub Dongeng hendak mengajak anak-anak dan orang tua berbagi kebahagiaan melalui dongeng," demikian tujuan PKD 2022, seperti disampaikan Klub Dongeng kepada HaiBunda.

Jadi diharapkan, kisah-kisah yang dibacakan bisa membantu Si Kecil beradaptasi lagi di sekolah, setelah setahun lebih Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Acara ini sekaligus perayaan ulang tahun Klub Dongeng yang ke-4, Bunda.

Pesta Klub Dongeng 2022Pesta Klub Dongeng 2022/ Foto: Dok. Klub Dongeng

Manfaat dongeng untuk tumbuh kembang

Bunda perlu tahu juga nih, dongeng ternyata banyak manfaatnya untuk tumbuh kembang anak. Selain memperbanyak kosakata dan melatih komunikasi, anak-anak juga akan belajar bagaimana berimajinasi, menganalisis, serta berbahasa.

Penelitian dari National Institute of Child Health and Human Development, Amerika Serikat, yang dipimpin G. Reid Lyon, Ph.D., mengungkap bahwa mendongeng atau membacakan cerita sebelum tidur bisa merangsang peningkatan perkembangan otak anak.

Ternyata, ada perbedaan neurologis antara anak-anak yang teratur dibacakan cerita dengan mereka yang tidak terbiasa mendengar cerita. Perbedaan tersebut mencakup kemampuan anak untuk lebih cepat terampil berbahasa, Bunda.

Nah, sudah kah Bunda bacakan dongeng untuk Si Kecil malam ini? Simak yuk, referensi cerita di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Bunda sedang hamil, program hamil, atau memiliki anak? Cerita ke Bubun di Aplikasi HaiBunda, yuk!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!