sign up SIGN UP search


kehamilan

Curhat Behati Prinsloo yang Sempat Mengalami Depresi Postpartum

Amelia Sewaka Selasa, 15 Jan 2019 07:05 WIB
Dari luar, Behati Prinsloo memang tampak selalu tersenyum bahagia. Tapi, siapa sangka dia sempat mengalami depresi postpartum. caption
Jakarta - California, AS - Saat di atas catwalk Model Victoria's Secret, Behati Prinsloo mungkin terlihat tanpa cela. Ibu dua anak dengan tubuh ramping dan selalu tersenyum manis.

Ternyata, seperti bunda pada umumnya, istri Adam Levine ini pernah berjuang melawan depresi postpartum (setelah melahirkan) juga lho, Bunda.

"Setelah bayi pertama saya lahir, saya mengalami sedikit depresi pascapersalinan dan sulit untuk kembali ke kehidupan normal," kata model berusia 30 tahun ini kepada Net a Porter.


Namun, lanjut Behati, setelah putri keduanya, Gio Grace lahir, semuanya jauh terasa lebih mudah. Behati merasa tidak tertekan dan lebih mudah berolahraga, serta menyusui.

"Saya telah menjadi model selama 15 tahun dan ketika hamil, saya tidak ingin melakukan apa pun dan ingin menikmati waktu saya. Saya sangat suka hamil dan tidak bekerja. Ketika hamil kedua kalinya, saya melakukan hal yang sama," tambah model kelahiran Namibia ini.
Curhat Behati Prinsloo yang Sempat Mengalami Depresi PostpartumFoto: David McNew/Getty Images



Delapan bulan setelah putri keduanya lahir, Behati pun kembali ke panggung catwalk dengan lebih percaya diri. Ia merasa tetap bisa menjalankan passion-nya sebagai model, dengan keadaan dirinya sudah punya dua anak.

"Saya melakukan pertunjukan Victoria's Secret 8 bulan setelah Gio lahir dan merasa sangat berdaya. Saya bisa melakukan pekerjaan ini dan saya adalah ibu dua anak! Saya suka hamil dan tetap menikmati pekerjaan yang saya lakukan, ini adalah perjalanan yang indah," tutur Behati Prinsloo.

Menurut Behati, seorang ibu yang bekerja adalah wanita yang luar biasa. Para ibu bekerja dianggap kuat untuk tetap menjalankan karier sambil mengurus anak-anaknya. Behati bercerita, putri pertamanya, Dusty tumbuh menajadi anak humoris, tapi suka memerintah.
Curhat Behati Prinsloo yang Sempat Mengalami Depresi PostpartumFoto: Getty Images
"Dusty punya kepribadian layaknya kelahiran Virgo. Agak aneh ketika kamu merasa anakmu sudah bisa melucu di usianya yang masih 2 tahun. Sedangkan Gio sangat suka diemong dan manis, saya rasa mereka akan tumbuh dengan sangat berbeda," tambah Behati.

Depresi postpartum atau postpartum depression (PPD) adalah gangguan kesehatan mental yang dapat menyerang seorang ibu. Ini berbeda dengan baby blues ya, Bun. PPD bersifat lebih serius karena berhubungan dengan kondisi mental yang berkepanjangan dan bisa berdampak buruk bila dibiarkan tanpa perawatan.

Psikolog keluarga Nuzulia Rahma menjelaskan, ada beberapa hal yang bisa mendorong ibu terjerumus kondisi PPD. Kemungkinan pertama bisa karena ada faktor genetik yang membuat seorang ibu jadi lebih sensitif terhadap perubahan hormon. Kedua, bisa karena ada faktor psikologis.

"Bisa karena psikologis, dia sudah punya riwayat depresi sebelumnya. Ada stres pribadi atau hal-hal yang tak bisa diterima dan sebagainya," kata Nuzulia, seperti dilansir detikcom.

(aml/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi