kehamilan

Penyebab Warna Kulit Terlihat Lebih Gelap Saat Hamil

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 29 Jan 2019 17:02 WIB
Penyebab Warna Kulit Terlihat Lebih Gelap Saat Hamil
Jakarta - Hmm, kenapa ya wajah Bubun jadi jerawatan, kulit juga tampak gelap dan muncul flek hitam saat hamil si kakak? Bikin nggak percaya diri kan, Bun. Padahal sebelum hamil, wajah Bubun lumayan kinclong dan terlihat glowing meski nggak pernah perawatan di salon mahal.

Bunda di rumah ada yang mengalaminya juga? Ternyata saat Bubun baca banyak artikel tentang kehamilan, sebuah ulasan di Everyday Health menjelaskan kalau ibu hamil memang mengalami perubahan hormon yang memengaruhi kulit.

Seiring kehamilan yang terus berkembang, akan terjadi beberapa perubahan pada kulit dan rambut nih, Bun. Kemunculan bercak hitam di wajah serta warna kulit yang makin gelap menjadi permasalahan yang banyak dikeluhkan ibu-ibu hamil seperti kita lho, Bun.

Bahkan, sebagian wanita merasa kulitnya makin sensitif. Hal itu sering membuat mereka merasa gatal-gatal ketika menggunakan perhiasan atau produk kecantikan yang biasanya difavoritkan. Ribet banget kan, Bun, jadinya.


Tapi memang begitulah ritme kehamilan, Bun. Bunda perlu pahami bahwa adanya fluktuasi hormon selama kehamilan memang memicu berbagai gangguan yang mungkin sebelumnya tidak dirasakan, termasuk gangguan kulit sensitif.

Penyebab Warna Kulit Terlihat Lebih Gelap Saat HamilKulit berubah lebih gelap saat hamil/ Foto: iStock

"Perubahan kadar estrogen dan progesteron memengaruhi kulit pada semua wanita hamil," kata Judith Hellman, MD, ahli dermatologi yang berafiliasi dengan Icahn School of Medicine di Mount Sinai, New York.

Dengan adanya perubahan hormon tersebut Bun, nggak heran deh kalau kehadiran flek hitam di wajah jadi 'tamu langganan' yang mampir di wajah para wanita hamil. Beberapa ibu hamil terlihat memiliki flek hitam yang tidak teratur di wajah, baik di pipi, hidung, bibir, dan dahi. Inilah yang disebut chloasma atau kadang dikenal melasma.

Chloasma diduga disebabkan karena adanya stimulasi sel-sel penghasil pigmen oleh hormon seks wanita sehingga pigmen melanin (pigmen berwarna gelap) lebih banyak dihasilkan ketika kulit terpapar sinar matahari.

Bunda yang memiliki kulit sawo matang dan tinggal di daerah dengan paparan sinar matahari yang intens, lebih mungkin mendapatkan bercak hitam ini, Bun. Tetapi, Bunda tidak perlu khawatir karena bercak tersebut akan memudar selama beberapa bulan setelah melahirkan.

Jika kita ingin mencegah kemunculan flek hitam agar bercak tidak terlihat berlebihan, Bunda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk meminta resep krim yang aman. Sehingga dapat membantu memudarkan bercak-bercak tersebut.

Oh ya Bun, tidak perlu terkejut juga karena bagian perut juga menjadi area yang mengalami perubahan selama kehamilan. Biasanya Bun, perubahan pada kulit terjadi di sekitar perut. Seperti dilansir Pregnancy Birth Baby, Bunda akan melihat tanda peregangan pada tubuh Bunda, terutama di bagian tengah perut, dimana kulit Bunda akan meregang karena besar janin yang terus tumbuh.

Wah, jadi tahu kan Bun kenapa kulit tampak sedikit gelap dari sebelum kehamilan? Walaupun perubahan ini akan membuat Bunda tidak percaya diri, ada baiknya Bunda tetap menikmati proses tersebut ya, Bun. Toh, setelah kehamilan nanti, Bunda bisa memoles kembali kulit Bunda dan kembali bersinar seperti sebelumnya. Tetap semangat ya, Bun!




(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi