kehamilan

Kesenangan Poppy Sovia Dengar Musik Punk Selama Hamil

Muhayati Faridatun Sabtu, 06 Apr 2019 19:30 WIB
Kesenangan Poppy Sovia Dengar Musik Punk Selama Hamil
Jakarta - Sejak hamil, artis Poppy Sovia jadi suka mendengarkan musik. Bahkan wanita 34 tahun ini mengaku jadi lebih bahagia saat mendengarkan musik.

"Mungkin hormon kali ya. Kalau dengar lagu kok jadi bahagia, enak banget," kata Poppy, dalam intimate interview bersama HaiBunda baru-baru ini.

Untuk urusan jenis musik, Poppy tergolong unik karena memilih aliran musik punk buat didengar. Padahal, Poppy sudah lama tidak mendengarkan musik punk. Namun, kesukaan itu muncul lagi kala dia berbadan dua.

"Sudah lama enggak dengerin lagu punk. Terus pas hamil, kok gue senang lagi denger lagu keras ya. Pas Oki (suami) enggak ada, aku dengerin musik punk sambil masak," ujar Poppy.

Menurutnya, hobi baru ini adalah salah satu cara untuk menyenangkan diri. Selama hamil, Poppy mengaku makin senang karena dia mengalami perubahan positif dalam kesehariannya.



"Aku lagi coba menyenangkan diri aku saja sih. Selama hamil, kayaknya mood-nya itu bikin aku jadi diri sendiri. Alhamdulillah senang," tutur Poppy.

Awal perubahan saat hamil memang dirasa Poppy tidak mudah. Istri dari Ahmad Gussaoki ini sempat merasa takut soal kehamilan dan proses kelahiran.

Poppy Sovia dan suamiPoppy Sovia dan suami Foto: Instagram
"Takutnya itu berasa waktu empat bulan, udah mulai gerak (janinnya). Waktu lima bulan takut dengan bayangan melahirkan, tapi aku mulai baca beberapa buku melahirkan, jadi lebih banyak tahu, dan lebih menenangkan," kata Poppy.

Banyaknya perubahan yang terjadi pada ibu hamil seperti dialami Poppy Sovia memang wajar, Bun. Dikutip dari detikcom, sebuah studi yang dilakukan peneliti di Universitas Automa de Barcelona dan Leiden University menemukan bahwa terjadi perubahan struktural pada otak ibu selama mengandung. Perubahan ini dialami ibu bahkan sampai setelah melahirkan.

Soal mendengarkan musik yang keras pada ibu yang sedang hamil seperti Poppy Sovia, itu juga merupakan perubahan yang terjadi pada ibu dan masih dianggap aman kok, Bun.

"Bayi memang bisa mendengar suara di luar tubuh, tetapi cairan ketuban cukup menjadi peredam suara yang aman bagi bayi, sehingga pendengaran mereka tetap nyaman," kata Dr.Yvonne Bohn, dokter spesialis kebidanan dan kandungan di Los Angeles, dikutip dari detikcom.



Bohn mengibaratkan bayi dalam rahim seperti berada di dalam kolam renang. Memang terdengar ada suara, tetapi bunyi tersebut akan teredam.

"Seperti itulah yang didengar bayi ketika berada dalam kandungan. Jadi bisa dikatakan mendengar musik keras seperti musik rock itu tidak berbahaya bagi bayi. Bahkan boleh jika ibu ingin menonton konser musik ketika hamil," ujar Bohn.

Dikatakan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Alison Hill, MD, saat ibu hamil mendengar suara keras misalnya saat menonton konser, rata-rata tingkat kebisingan suara bisa mencapai 100 desibel. Namun, suara tersebut akan teredam menjadi 70 desibel dalam kandungan dengan perlindungan cairan ketuban.

Cerita Poppy soal hobinya dengar musik punk selama hamil, selengkapnya bisa disimak di video berikut ini:

[Gambas:Video 20detik]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi