kehamilan

Usia 37, Mona Ratuliu Tak Menyangka Hamil Anak Keempat

Yuni Ayu Amida Rabu, 27 Nov 2019 20:31 WIB
Usia 37, Mona Ratuliu Tak Menyangka Hamil Anak Keempat
Jakarta - Artis Mona Ratuliu rupanya tengah mengandung anak keempat, Bunda. Saat ini usia kandungannya sudah menginjak tiga bulan. Namun lucunya, Mona dan sang suami, Indra Brasco sempat kaget saat awal tahu hamil lagi.

"Sebenarnya surprise juga anak keempat ini karena memang kalau bicara mengenai siap, siap enggak siap. Karena memang rezekinya," Indra Brasco, dikutip dari detikcom.


Sebelum tahu hamil, Mona berpikir bahwa dia hanya akan punya tiga anak, yang artinya Nala yang terakhir. Tapi rupanya Tuhan memberikan kepercayaan untuk Mona mengandung.


"Kita pikir Nala yang terakhir, tapi ternyata ada rezeki lagi anak keempat, surprise sih surprise banget," jelas Mona.

"Berkat doanya Nala juga, ingin punya adek katanya," sambung Indra.

Usia 37, Mona Ratuliu Tak Menyangka Hamil Anak KeempatUsia 37, Mona Ratuliu Tak Menyangka Hamil Anak Keempat /Foto: Instagram @monaratuliu


Bagi pasangan yang menikah pada 2002 ini, kehamilan anak keempat adalah hal spesial. Itu sebabnya setiap momen di kehamilan ini selalu mereka dokumentasikan.

"Waktu itu, testpack bareng-bareng tapi kebetulan kita dokumentasikan juga sih. Buat aku kalau emang hamil itu spesial, makanya kita dokumentasikan terus kita kasih tahu teman kita dokumentasikan, kasih tahu anak-anak kita dokumentasikan, karena buat aku spesial banget bisa punya anak empat hari ini," tukas wanita 37 tahun ini.

Bicara soal kehamilan, apalagi di usia di atas 35 tahun seperti Mona Ratuliu, menurut dr.Liva Wijaya Sp.OG, sebenarnya tidak ada risiko yang terlalu besar untuk ibu berusia di atas 35 tahun untuk melahirkan. Malah risikonya tetap sama dengan mereka yang melahirkan di usia lebih muda.

"Tidak ada perbedaan syarat berdasarkan usia. Selama tidak ada penyakit lain yang menyulitkan persalinan normal seperti penyakit jantung, benjolan menutup jalan lahir, presentasi kepala, tidak ada ketidakseimbangan kepala janin-panggul, kemungkinan besar ibu masih bisa melahirkan secara normal," papar Liva.

Liva juga mengatakan bahwa selama ibu sehat, fit, dan syarat persalinan normal terpenuhi, maka risiko persalinan sama dengan usia yang lebih muda. Meski begitu, ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi saat ibu di usia di atas 35 ingin melahirkan normal.

"Pastikan keadaan umum ibu baik, tidak anemia, tidak ada penyakit lain yang memberatkan, berat janin dalam batasan normal, presentasi kepala, tidak ada panggul kecil. Untuk itu nutrisi yang baik, olahraga teratur, dan pemeriksaan kesehatan dan kehamilan yang baik harus dilakukan," jelas Liva.

Usia 37, Mona Ratuliu Tak Menyangka Hamil Anak Keempat


Simak juga video intimate interview dengan Mona Ratuliu dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi