sign up SIGN UP search


kehamilan

3 Ciri Fisik Pembuahan Berhasil untuk Deteksi Kehamilan Sejak Dini

Tim HaiBunda   |   Haibunda Selasa, 27 Jul 2021 10:10 WIB
Hamil caption
Jakarta -

Kehamilan umumnya ditandai dengan datang bulan atau menstruasi yang terlambat. Bisa juga dari hasil pemeriksaan dengan test pack yang menunjukkan dua garis atau hasil yang positif.

Tapi ada pula ciri fisik pembuahan berhasil yang bisa Bunda rasakan sebelum dua tanda di atas muncul. Pembuahan bisa dikatakan berhasil jika sel sperma bertemu sel telur pada tuba falopi. Sel telur yang sudah matang akan menempel pada dinding rahim yang lalu berkembang jadi janin di perut.

Setelah pembuahan berhasil, tubuh akan mulai memproduksi hormon kehamilan hCG (Human Chorionic Gonadotropin). Hormon inilah yang kemudian menimbulkan berbagai macam tanda kehamilan yang bisa Bunda rasakan ---baik fisik ataupun psikis.


Banner Rektor Termuda IndonesiaFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari

Beberapa wanita pun akan mulai untuk merasakan perubahan fisik sejak dini dimulai sejak delapan hari setelah melakukan hubungan seksual. Akan tetapi, tak sedikit juga wanita yang mengalami gejala kehamilan baru beberapa minggu setelah terlambat datang bulan.

Mengetahui mengenai ciri fisik berhasilnya pembuahan bisa membantu Bunda untuk bisa mendeteksi kehamilan semenjak dini. Untuk calon Bunda yang berpotensi kehamilan berisiko, ini akan membantu sekali dalam menjaga janin tetap dalam keadaan sehat selama di kandungan.

Tak lupa, kesehatan Bunda pun selalu bisa terpantau secara baik. Nah, berikut adalah beberapa ciri tersebut yang sebaiknya Bunda ketahui:

Ciri-ciri Fisik Pembuahan yang Berhasil

1. Timbulnya bercak darah implantasi

Berdasarkan penelitian, sekitar 25 persen ibu hamil pernah mengalami pendarahan implantasi sebelum dinyatakan positif hamil. Gejala seperti ini dapat muncul saat sel telur yang matang menempel pada dinding rahim atau sekitar 6 hingga 12 hari setelah melakukan hubungan seksual.

Darah implantasi tak jarang muncul ketika menjelang tanggal menstruasi sehingga wanita banyak yang menyalahartikannya menjadi darah datang bulan. Namun, darah implantasi, sebagai ciri fisik pembuahan yang berhasil, mempunyai perbedaan dari darah menstruasi.

Yakni pada jumlah yang sedikit, mempunyai warna cokelat gelap, serta tidak ada gumpalan darah. Selain itu, darah implantasi pun dapat disertai dengan kram ringan di perut, pusing, mual, serta mood swing.

2. Payudara nyeri dan terasa penuh

Ciri fisik pembuahan berhasil selanjutnya yang dapat Bunda rasakan adalah muncul pada payudara. Lebih tepatnya payudara akan terasa nyeri dan bengkak.

Gejala yang satu ini mungkin akan muncul sekitar 1 - 2 minggu setelah berhubungan seksual. Rasa nyeri di payudara ini disebabkan oleh kenaikan hormon kehamilan pada tubuh. Akan tetapi, rasa nyeri serta bengkak akan reda saat tubuh mulai terbiasa dengan kadar hCG.

3. Morning sickness

Mual-muntah sangat identik menjadi tanda ovulasi yang berhasil untuk dibuahi. Ini juga dikenal dengan istilah morning sickness.

Meski disebut morning (pagi), kondisi mual-muntah dapat terjadi tak hanya di pagi hari. Bahkan bisa berlangsung sepanjang hari.

Pada sebagian ibu hamil, mual serta muntah dapat menjadi semakin parah saat perut kosong. Jika sudah mencapai tahap cukup parah, seorang bumil bahkan bisa sampai harus dirawat di rumah sakit.

Itulah beberapa ciri fisik pembuahan berhasil. Semoga bermanfaat, Bun. (PK)

Simak juga video berikut saat Fanny Fabriana menangis baca kisah bayi terlilit tali pusat.

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!