sign up SIGN UP search


Video

Ini Pantangan Makanan bagi Bunda yang Baru Melahirkan secara Caesar

HaiBunda   |   Haibunda Rabu, 29 Dec 2021 16:58 WIB

Persalinan sesar atau dikenal juga sebagai operasi Caesar atau bedah sesar adalah operasi yang dilakukan Ibu hamil untuk melahirkan bayi. Tindakan ini melibatkan satu sayatan di perut Bunda untuk mengeluarkan bayi.

Awalnya, operasi Caesar baru direkomendasikan sebagai prosedur yang direncanakan, atau dilakukan dalam keadaan darurat. Hal ini dilakukan jika melahirkan normal dianggap memiliki risiko yang sangat besar. Biasanya, operasi ini dilakukan setelah minggu ke-38 pada masa kehamilan.

Namun saat ini kondisinya berbeda. Kini banyak Bunda yang memilih untuk melakukan operasi Caesar meski kondisi kehamilan baik-baik saja. Alasannya, agar persalinan berlangsung cepat dan minim rasa sakit. Padahal, melahirkan secara caesar ini juga memiliki rasa sakit tersendiri lho, Bunda. Karena mengalami sayatan di perut, hal ini menimbulkan rasa sakit yang cukup lama bahkan bisa sampai 3 bulan setelah melahirkan.

Salah satu dokter spesialis kandungan dari RS Sari Asih Sangiang, yakni dokter Widya Ayu Sari menyebut, ada hal-hal yang bisa Bunda lakukan untuk mempercepat proses pemulihan Bunda dari rasa sakit setelah operasi Caesar, yakni dari makanan yang Bunda konsumsi.

Nah, apa saja ya makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh Bunda pasca persalinan caesar? Yuk simak selengkapnya di video berikut ini!


Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!