sign up SIGN UP search


Video

4 Fase Perubahan Frekuensi Kencing Selama Kehamilan Bunda

  |   Haibunda Senin, 08 Aug 2022 11:34 WIB

Salah satu tanda awal kehamilan yang mungkin sering dialami tapi jarang disadari yakni Bunda jadi sering kencing alias buang air kecil. Bunda menyadari lebih sering buang air kecil selama trimester pertama, ternyata masih ada lho fase perubahan frekuensi kencing lainnya hingga Bunda melahirkan.

Bunda tak perlu khawatir jika mengalaminya karena ini merupakan salah satu tanda kehamilan yang normal. Namun, pada kondisi tertentu Bunda perlu berkonsultasi lanjut dengan dokter.

Fernando Mariz, seorang ginekolog yang berbasis di Manhattan, mengatakan bumil sering kencing terjadi karena meningkatnya kadar hormon progesteron dan human chorionic gonadotropin (hCG).

Seberapa sering bumil buang air kecil? Menurut Mariz, rata-rata orang pergi ke kamar mandi antara 6 dan 7 kali per hari. Jumlah ini bisa bervariasi tergantung apa yang diminum dan seberapa sering minum.

Bumil juga dapat mengalami kebocoran atau stres inkontinensia urine (SUI) saat janin tumbuh dan menekan kandung kemih, uretra, dan otot dasar panggul. Kebocoran itu terjadi umumnya ketika bersin, batuk, tertawa, berolahraga, mengangkat sesuatu, atau berjalan.

Tapi, jika bumil merasa sakit saat buang air kecil atau gejala lain, waspada infeksi saluran kemih (ISK). ISK dapat menimbulkan risiko kesehatan yang serius pada bumil dan janin yang sedang berkembang jika tak segera diobati Bunda.

Untuk mengetahui perubahan frekuensi buang air kecil pada bumil, Simak video berikut yuk Bun!


Share yuk, Bun!

Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Rekomendasi
Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!