kehamilan

Hendak ke Rumah Sakit, Seorang Ibu Melahirkan di Taksi Online

Nurvita Indarini 20 Des 2017
Ilustrasi melahirkan/ Foto: Thinkstock Ilustrasi melahirkan/ Foto: Thinkstock
Jakarta - Seorang bayi laki-laki lahir di dalam taksi online di Surabaya. Saat itu ibunya memang dalam perjalanan ke rumah sakit dan sudah merasakan sakitnya kontraksi. Begini kisahnya, Bun.

Indra Prawoto, seorang mitra pengemudi taksi online, Uber, menceritakan dirinya menjadi saksi lahirnya bayi laki-laki di dalam mobil yang dikendarainya. Peristiwa tersebut terjadi pada 22 November 2017 lalu.

"Saya mendapat pesanan Uber sekitar pukul 17:30 WIB dan menjemput dua orang perempuan di area Anyar Tambak yang meminta diantar ke rumah sakit ibu dan anak terdekat, salah satu penumpangnya dalam kondisi hamil," terang Indra.

Pada saat itu hujan deras mengguyur Surabaya. Sudah satu jam perjalanan ke rumah sakit ibu dan anak terdekat yang jaraknya sekitar 6 kilometer dilakukan. Maklum, saat itu kondisi jalanan macet parah.

Tiba-tiba penumpang yang sedang hamil berteriak kesakitan. "Dibantu dengan temannya, sang Ibu akhirnya melahirkan bayi laki-laki dengan selamat. Saya terus melaju untuk segera tiba di rumah sakit karena sang Ibu dan bayi perlu penanganan dokter," sambung Indra.

Akibat macet parah, mereka butuh waktu sekitar dua jam untuk sampai di rumah sakit. Si bayi sendiri berada di dalam mobil sekitar 50 menit sebelum tiba di rumah sakit.



"Ketegangan pun belum selesai, ada dua mobil di depan saya, sehingga saya masih harus mengantre. Tapi saya memutuskan untuk keluar mobil, meminta tolong agar dua mobil tersebut maju, dan saya pun melaju ke depan UGD. Saya langsung berlari mencari pertolongan," tambah Indra.

Dokter dan suster yang berjaga sontak berlari ke arah mobil yang dikendarai Indra nih, Bun. Mereka pun segera memberikan perawatan untuk si bayi, antara lain dengan memotong tali pusar di dalam mobil sebelum membawa si kecil masuk ke ruangan.

Gimana ya rasanya ada penumpang yang lahir di mobil yang kita kendarai? Kalau kata Indra peristiwa itu bikin dia gemetar dan takut. Tentu dia khawatir dengan keselamatan ibu dan bayinya.

Bayi lahir di Uber/Bayi lahir di Uber/ Foto: dok Uber


"Saya tidak bisa berpikir banyak dan hanya berusaha untuk segera sampai di rumah sakit sehingga Ibu dan anak dapat segera ditangani. Saya sempat menunggu sampai beberapa lama dan syukurlah semuanya sehat," paparnya.

Bayi itu diberi nama Muhammad Akbar. Atas kelahirannya yang istimewa, Uber pun memberikan perlengkapan bayi dan jumper, kaos untuk ibunya, serta Uber credit senilai Rp 1 juta. Sedangkan untuk teman sang ibu yang menyertai ke rumah sakit mendapatkan kaos dan Uber credit senilai Rp 500 ribu.



Uber juga menanggung biaya pembersihan kendaraan, serta memberikan uang tunai dan kaus untuk Indra, sang driver.

Apa kabar Akbar saat ini? Ternyata dia kini tinggal di Madura bersama orang tua dan kakek-neneknya. Sehat selalu ya, Akbar.

Untuk diketahui, di tahun 2017 ini ada 4 bayi di dunia yang lahir dalam perjalanan Uber. Mereka adalah bayi-bayi di Malaysia, Singapura, Amerika Serikat, dan Indonesia. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi