kehamilan

Cara Mudah Bedakan Ciri-ciri Hamil Muda dengan Masuk Angin

Asri Ediyati Jumat, 08 Feb 2019 - 14.00 WIB
Tanda kehamilan muda/ Foto: iStock Tanda kehamilan muda/ Foto: iStock
Jakarta - Beberapa minggu belakangan, badan Bubun rasanya nggak enak banget. Mual dan pusing nggak hilang-hilang. Persis seperti orang yang sedang masuk angin.

Meskipun sudah diolesi minyak kayu putih, rasa pusingnya nggak hilang nih, Bun. Bahkan jadi ikutan mual setiap kali mencium bau makanan. Wah, pak suami langsung curiga nih. Langsung disaranin untuk beli testpack. Eh iya, ternyata hasilnya dua garis merah lho. He-he-he.

Ternyata, Bubun nggak sendiri karena faktanya beberapa ibu mengeluh masuk angin saat hamil muda. Mengenai hal itu dr.Karno Suprapto SpOG dari Mayapada Hospital, Lebak Bulus, mengungkap bahwa saat hamil muda memang gejalanya mirip masuk angin. Misalnya mual, muntah mungkin sakit-sakit badannya.

Dijelaskan Karno, gejala kehamilan memang hampir sama rasanya dengan masuk angin. Meski agak susah membedakannya, namun bisa diketahui dengan dua cara nih, Bun.

"Pada awal kehamilan itu memang hampir sama gejalanya dengan masuk angin. Agak susah membedakannya, nah cara membedakannya ada dua hal: kalau masuk angin, begitu dia minum obat pasti sembuh. Kalau hamil, mau minum obat apapun kecuali minum obat anti mual yang dianjurkan pasti masih muntah-muntah," lanjutnya.


Bahkan menurut Karno, minum obat anti mual pun kadang masih kalah dengan rasa mualnya lho, Bun. Kenapa? Karena ini kembali ke soal hormon yag dihasilkan oleh kehamilan itu.

"Kalau kita tes melalui urine kan ada hormon hCG, jika ibu hamil yang hCGnya tinggi. Itu kadang-kadang mual muntah sampai nggak keruan, diobati juga susah," kata dr Karno.

Nah, untuk mengetahui kehamilan secara tepat dan jelas, disarankan untuk membeli alat tes kehamilan. Zaman sekarang, alat tes kehamilan sudah canggih, Bun. Tinggal dicelup di dalam urine, langsung keluar hasilnya. Untuk cepat atau lambatnya, setiap alat tes kehamilan punya masing-masing tingkat sensitivitas.

"Paling cepat itu tergantung masing-masing alat tes, ada yang lima hari sebelum perkiraan menstruasi sudah bisa ketahuan kalau si ibu hamil. Jadi misalnya kita menstruasi tanggal 10 terus tanggal 5 sudah ada yang bisa menunjukkan positif jika memang terbukti hamil," pungkas Karno.

Bunda di rumah, sekarang sudah tahu ya bedanya masuk angin dan hamil muda. Jadi nggak perlu tebak-tebak buah manggis lagi nih. He-he-he.

(aci/rap)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi