kesehatan

Yang Perlu Bunda Tahu Soal Penggunaan Minyak Telon untuk Anak

Joko Supriyanto 19 Jun 2017
Ilustrasi minyak telon (Foto: Thinkstock) Ilustrasi minyak telon (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Minyak telon mungkin sudah menjadi perlengkapan wajib bagi si kecil ya? Nah, soal penggunaan minyak telon ini, ada hal-hal yang perlu Bunda tahu nih.

Mungkin Bunda bertanya-tanya ya sebaiknya berapa kali dalam sehari sih minyak telon bisa dioleskan ke kulit anak. Atau seberapa banyak harus dioleskan? Aman nggak kalau sering-sering dipakai?

Kata General Manager Brand Portofolio Strategy & Innovation My Baby, Dahlia Yolanda, perlu diperhatikan penggunaan minyak telon pada anak. Karena tidak semua anggota tubuh disarankan untuk di oleskan dengan minyak telon, ada area-area tertentu yang memang dilarang.

"Daerah yang dilarang antara lain adalah bagian wajah, dan bagian sensitif anak perempuan maupun laki-laki," kata Dahlia beberapa waktu lalu.

Tapi gimana ya kalau mengoleskan minyak telon ke pipi atau ke kening anak untuk menghindari gigitan nyamuk atau saat area tersebut bentol? Sebetulnya tidak masalah asalkan jangan sampai mengenai area mata.

"Gunakanlah minyak telon untuk si kecil pada bagian kaki, tangan, punggung dan perut," sambung Dahlia.

Terkait volume pemakaiannya sendiri, sebetulnya tidak ada batasan, tergantung pada kebutuhan si anak saja. Sebenarnya kapanpun Bunda gunakan minyak telon untuk penghangat tubuh anak dan perlindungan dari gigitan nyamuk itu bebas-bebas saja. Sebab, minyak telon rata-rata mengandung bahan alami yang aman untuk kulit anak.

Meski begitu, umumnya dalam sehari Bunda bisa gunakan empat kali. Pertama adalah pagi saat mandi pagi. Kedua, saat makan siang dan saat bermain. Ketiga adalah sore saat setelah mandi sore. Keempat yaitu saat malam hari ketika akan tidur.

Terkait pemakaian minyak telon pada bayi, dr Margaretha Komalasari SpA dari Kemang Medical Care beberapa waktu lalu menyarankan memilih yang mengandung bahan alami karena kulit bayi sensitif. Terkait meredakan keluhan gatal akibat digigit nyamuk, jika anak sudah telanjur digigit nyamuk, pada gigitan pertama pemberian minyak telon bisa membantu meredakan reaksi peradangan.

"Pilihan lainnya, Bunda bisa menggunakan lidah buaya. Tapi, jika gigitan sudah bukan yang pertama, bisa jadi sudah terjadi infeksi dan untuk mengatasinya harus menggunakan salep tertentu," ucap perempuan yang akrab disapa dr Ata ini. (vit/vit)
Share yuk, Bun!
Rekomendasi