sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Menyusui Pakai Krim Wajah, Aman Nggak Sih?

Radian Nyi Sukmasari Senin, 03 Jul 2017 07:58 WIB
Karena ibu menyusui pun ingin tampil cantik. caption
Jakarta - Semua wanita pasti ingin tampil rapi dan cantik ya Bun, termasuk Bunda yang lagi menyusui. Meski kadang, ada aja nih Bunda yang khawatir saat pakai krim wajah karena takut bakal berpengaruh ke ASI.

Seperti sepupu saya Bun. Dulunya dia rutin pakai krim wajah. Tapi setelah hamil dan bahkan sekarang anaknya udah umur 6 bulan, dia nggak berani pakai krim wajah. Katanya, takut ada pengruh ke ASI-nya. Akhirnya, dia memutuskan untuk nggak pakai dulu krim wajah sampai nanti selesai menyusui.

Memang seberapa besar sih pengaruh pemakaian kosmetik semacam krim wajah begitu pada proses menyusui? HaiBunda pun ngobrol sama konselor laktasi dari Sentra Laktasi Indonesia (Selasi), dr Hikmah Kurniasari, MKM, CIMI. Kalau kata dr Hikmah nih Bun, kosmetik yang dipakai wanita biasanya dalam bentuk krim seperti krim pemutih dan sejenisnya, atau kosmetik dalam bentuk lotion.


dr Hikmah bilang, mungkin di dalamnya mengandung zat-zat kimia seperti zat pemutih, hydroxy acid, hydroquinone, dan sebagainya. Mengutip Thomas Hale, PhD, penulis buku 'Medications and Mother's Milk, kata dr Hikmah kebanyakan jenis topikal diserap dengan lemah melalui kulit Bun.

"Sehingga tidak pernah sampai secara signifikan di dalam plasma darah Bunda. Dan dengan demikian tidak pernah sampai di air susu ibu. Sehingga dapat digunakan kok oleh Bunda yang lagi menyusui," kata dr Hikmah.

Jadi Bun, nggak masalah kok kalau Bunda mau pakai kosmetik kayak krim wajah meski lagi menyusui. Lagipula, ibu menyusui kan perlu juga ya Bun tetap tampil cantik dan menawan. Kalau Bunda mau pakai kosmetik, dr Hikmah berpesan hindari pakai segala macam kosmetik seperti krim dan lotion di area puting dan areola ya Bun.

Dengan begitu, krim atau losion tersebut nggak masuk ke mulut bayi. Tapi, kalau memang karena suatu hal pemakaian perlu banget nih di area itu, misalkan obat-obatan topikal, jangan lupa ya Bun bersihkan dulu area areola dan puting sebelum Bunda nyusui si kecil.

"Jangan lupa, Bunda perlu cuci tangan sebelum menyusui bayinya ya," tambah dr Hikmah.

Kalau Bunda ragu nih mau pakai jenis kosmetik tertentu, nggak ada salahnya ya berkonsultasi ke dokter atau ke konselor laktasi. Kalau Bunda sendiri gimana nih soal pemakaian kosmetik waktu menyusui? Yuk Bun berbagi cerita di kolom komentar berikut. (rdn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!