menyusui

Viral! Ratu ASI Menyusui 11 Tahun Berbagi Kisah Tandem Breastfeeding

Siti Hafadzoh Kamis, 28 Nov 2019 13:25 WIB
Viral! Ratu ASI Menyusui 11 Tahun Berbagi Kisah Tandem Breastfeeding
Jakarta - Amy McGlade menjuluki dirinya sebagai The Breastmilk Queen alias Ratu ASI. Ia menjuluki dirinya dengan gelar ini karena telah menyusui empat anaknya, selama sebelas tahun tanpa henti.

McGlade mengaku, ia sangat bersemangat ketika akan menyusui. Ibu sekaligus praktisi bidan ini memastikan bahwa ASI adalah makanan pertama bagi anak-anaknya. Hingga tanpa terasa, saat ini sudah sebelas tahun ia menyusui.


Anak pertama McGlade, Violet menyusu sampai usia tiga tahun. Jonny, anak keduanya menyusu hingga empat tahun. Anak ketiganya, Luke menyusu sampai usianya hampir lima tahun. Sedangkan, Scarlett saat ini masih berusia dua tahun dan masih menyusu.


Namun, perjalanan McGlade menyusui selama sebelas tahun tak selalu mudah, Bun. Ia juga mengalami masalah dan kekhawatiran yang dirasakan ibu lainnya.

"Apakah bayi saya mendapat ASI yang cukup? Payudara saya lembut, jadi apakah saya menghasilkan ASI yang cukup?" kata McGlade dikutip dari 7News.

Ia merencanakan menyusui anak pertamanya sama seperti merencanakan kehamilan. Ibu yang satu ini memastikan bayinya segera melakukan skin to skin, tidak memandikan bayi sampai beberapa hari setelah lahir, serta membatasi teman dan keluarga memegang bayinya.

"Saya semangat menyusui. Ini lebih dari sekedar alat makan, Ini telah menjadi salah satu alat parenting kami. Anak-anak kami semuanya cerdas, sehat, dan mudah beradaptasi. Kami semua sangat dekat," ujarnya.

Selama sebelas tahun menyusui, dalam suatu fase, McGlade harus melakukan tandem breastfeeding ketika hamil. Ini lah yang menguji komitmennya untuk menyusui. Tapi, ia punya tekad kuat memberikan ASI untuk anak-anaknya. Jadi, meski mengalami morning sickness, McGlade tetap melakukan tandem breastfeeding.

"Itu sangat melelahkan. Saya menderita morning sickness yang sangat buruk dan merasa luar biasa lelah. Ketika tubuhmu membesarkan bayi dan kamu menyusui dua anak, itu melelahkan. Tapi, ini adalah pilihan yang saya buat dan saya merasa ini penting untuk saya," jelas McGlade.

Pada 2014, McGlade memutuskan untuk membagikan cerita menyusuinya di Facebook. Saat ini McGlade telah memiliki 43.000 pengikut.

Ia berharap, semua ibu menyusui sesuai dengan tujuan mereka. Tidak semua orang harus menyusui selama sebelas tahun seperti yang dilakukan McGlade. Bahkan, ia sendiri pun awalnya tidak punya tujuan menyusui selama sebelas tahun.

Viral! Ratu ASI Menyusui 11 Tahun Berbagai Kisah Tandem BreastfeedingAnak-anak Amy McGlade/ Foto: Facebook Amy McGlade


"Saya tidak memulai perjalanan ini dengan tujuan menyusui selama sebelas tahun. Saya mulai karena ingin menyusui bayi saya," katanya.

Banyak juga orang bertanya, bagaimana McGlade bisa menyusui selama sebelas tahun? Apakah persediaan ASI-nya cukup?

"Saya memberi tahu mereka itu hanya masalah persediaan dan permintaan," kata ibu empat anak ini.

Sebenarnya, ASI ibu bisa saja mencukupi ketika melakukan tandem breastfeeding seperti McGlade. Selama si kakak masih dalam usia menyusu dan ibu mengonsumsi makanan sehat yang cukup, ASI akan mencukupi kok, Bun.

Menurut konsultan laktasi, dr Sylvia Haryeny, IBCLC, semakin sering anak menyusu, maka semakin banyak ASI yang diproduksi oleh payudara ibu. Produksi ASI dikatakan sesuai dengan demand dari si anak itu sendiri.

"Jadi tandem breastfeeding dilakukan kalau memang si kakaknya masih usia menyusu, kemudian ASI ibunya mencukupi. Sebenarnya sih mencukupi aja ya. Karena semakin banyak yang menyusu kan produksi ASI makin banyak. Itu sih disarankan bisa tandem breastfeeding memang," jawab Sylvia.

Kalau soal menyusui anak di atas usia 2 tahun, menurut dr Ameetha Drupadi, CIMI, ASI tentu tidak berbahaya untuk anak, Bun. Tapi, ketika anak sudah berusia di atas 2 tahun ASI hanya bisa memenuhi nutrisinya sekitar 30 persen. Nutrisi 70 persen lainnya harus dipenuhi lewat makanan.

"Ada ibu yang berpikir enggak apa-apa deh anak enggak mau makan yang penting udah nyusu banyak. Nah, itu yang enggak baik. Karena kalau cuma mengandalkan nyusu kebutuhan nutrisi anak enggak terpenuhi," kata Ameetha.


Bunda, simak video senam lidah untuk bayi tongue tie berikut ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi