sign up SIGN UP search


Video

Paracetamol untuk Ibu Menyusui, Wajib Tahu Dosis & Efek Sampingnya

Haibunda   |   Haibunda Selasa, 25 Jan 2022 14:40 WIB

Saat Bunda merasa nyeri otot, demam, sakit gigi atau sakit kepala, pasti paracetamol menjadi salah satu obat penolong yang paling dicari. Termasuk bagi ibu menyusui. Sebenarnya obat apa sih paracetamol itu?

Mengutip Drugs, paracetamol (acetaminophen) adalah obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas di apotek atau toko obat terdekat untuk meredakan sakit kepala atau demam.

Tidak ada yang tahu persis bagaimana cara paracetamol bekerja, tetapi para ilmuwan menyebut bahwa obat ini bekerja terutama di sistem saraf pusat (otak dan tulang belakang).

Paracetamol diduga dapat mengurangi intensitas sinyal nyeri ke otak. Ini juga dapat mencegah pelepasan zat, yang disebut prostaglandin, yang meningkatkan rasa sakit dan suhu tubuh.

Biasanya, paracetamol digunakan untuk mengobati berbagai kondisi seperti nyeri otot, radang sendi, sakit punggung, sakit gigi, masuk angin, dan demam.

Obat ini juga mengurangi rasa sakit pada arthritis ringan tetapi tidak berpengaruh pada peradangan dan pembengkakan sendi yang mendasarinya. Paracetamol juga dapat digunakan untuk tujuan lain yang tidak tercantum dalam panduan pengobatan.

Lalu bagaimana dengan ibu menyusui? Apakah aman bila ibu menyusui mengonsumsi paracetamol?

Yuk simak penjelasan Dr Phillipa Kaye, seorang dokter umum asal London yang dikutip dari laman Madeformums di video berikut ini!


Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!